Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Camilan Kurang Diperhitungkan sebagai Asupan Kalori

Kompas.com - 10/08/2016, 10:00 WIB

KOMPAS.com - Salah satu jurus langsing yang harus kita miliki adalah memperhatikan asupan kalori agar tidak berlebih. Sayangnya, banyak pelaku diet yang pura-pura lupa sudah makan atau ngemil.

Kebiasaan mengingkari atau denial pada asupan makanan itu ternyata cukup banyak dimiliki. Dalam sebuah survei, terungkap bahwa rata-rata orang dewasa mengaku mengonsumsi 2.000 kalori setiap hari, tapi faktanya mereka mengasup hampir 3.000 kalori.

Hal itu mungkin dapat menjelaskan mengapa statistik resmi menyebutkan asupan kalori terus menurun, tapi angka obesitas tetap tinggi.

Ternyata memang banyak orang yang tidak melaporkan secara jujur makanan yang sudah mereka makan seharian. Keripik atau sepotong kue misalnya, tidak kita hitung sebagai asupan kalori. Belum lagi segelas cappucino di kedai kopi langganan yang hampir tiap hari kita beli.

Kalau sudah begitu seharusnya kita tak perlu bingung mengapa berat badan sulit turun walau merasa "hanya" makan tiga kali sehari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com