Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/08/2016, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Kita mungkin tahu ada kakek berusia 80 tahun yang masih aktif lari atau bersepeda, dan kita juga tahu ada orang berumur 50 tahun yang sulit berjalan akibat komplikasi penyakitnya.

Tentu kita berharap masuk dalam golongan yang pertama, mengisi sisa umur dengan sehat dan tetap aktif. Untuk mewujudkan itu, mulailah menghindari hal-hal yang tampak sepele tapi sebenarnya jadi penyebab penuaan.

1. Pilihan makanan yang buruk
Entah itu Anda mengonsumsi makanan yang tidak tepat, atau selalu berlebihan, pola makan yang buruk adalah pemicu utama penampilan kita tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Untuk membatasi kalori dan memperbanyak nutrisi, pilihlah makanan segar yang tidak melalui banyak pengolahan. Ini berarti, batasi makanan olahan yang banyak mengandung gula, garam, dan zat tambahan lainnya.

2. Kurang tidur
Tidur adalah hal paling penting untuk hidup yang sehat, bahagia, dan produktif. Tidur akan memberi kesempatan bagi otak untuk membentuk sambungan baru, sekaligus memperbaiki sistem tubuh.

3. Stres
Sesekali merasa stres berdampak baik bagi kita, karena bisa mendorong motivasi. Namun, stres kronik akan menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak hormon adrenalin yang memicu sakit kepala dan gangguan jantung. Secara umum penampilan orang yang sedang stres akan terlihat tua.

4. Kurang bergerak
Kebanyakan duduk adalah penyakit utama manusia modern. Duduk terlalu lama membuat otot-otot tidak aktif, sehingga berdampak pada metabolisme. Tak ada kata terlambat, kurangi waktu duduk dan mulailah bergerak aktif.

5. Toksin
Kita tentu tak akan menelan sesuatu yang beracun secara sengaja, tetapi tanpa sadar kita sering melakukannya. Misalnya saja karena malas mencuci buah sebelum diasup, atau mengonsumsi makanan yang mengandung banyak pengawet.

6. Kecanduan
Bila kita bisa menghindari godaan rokok, alkohol, atau zat adiktif lainnya, tubuh akan sangat berterima kasih. Tahukah Anda, hanya perlu 15 menit bagi rokok untuk merusak DNA. Apalagi jika kita sudah menjadi pecandu rokok selama bertahun-tahun.

7. Tak peduli
Bila Anda tak peduli pada kadar tekanan darah, gula darah, atau kolesterol, sama saja dengan Anda mengabaikan faktor risiko berbagai penyakit kronik. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com