Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbagi Makanan di Kantor Bisa Jadi Penyebab Kegemukan

Kompas.com - 07/01/2017, 08:10 WIB
Dian Maharani

Penulis

Sumber Telegraph

KOMPAS.com - Lingkungan tempat kita bekerja merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah upaya penurunan berat badan akan berhasil atau tidak. Bukan hanya karena lamanya kita duduk diam, tapi juga asupan makanan yang sering berlebihan.

Di banyak kantor ada budaya untuk berbagai makanan, misalnya saat ulang tahun, baru pulang dari luar kota, hingga saat ada perayaan lain.

Jenis makanan yang sering dimakan ramai-ramai di kantor biasanya tinggi gula dan juga lemak. Bila kita tak menahan diri, tentu saja berat badan dengan mudah bertambah. Konsumsi makanan manis sambil melakukan pekerjaan juga berbahaya bagi gigi.

Tam Fry dari National Obesity Forum mengatakan, banyaknya kue yang dihidangkan di kantor akan membuat para karyawan ngemil sepanjang hari. Apalagi, saat makan beramai-ramai di tempat kerja terkadang membuat seseorang lupa diri telah banyak makan.

Ia mengingatkan pentingnya melakukan perubahaan kebiasaan makan di kantor. "Mungkin kue dan biskuit manis itu bisa diganti dengan yang lebih sehat," katanya.

Setiap orang juga seharusnya memiliki kesadaran diri untuk memilah mana makanan yang dibutuhkan dan tidak diperlukan tubuh. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com