Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Terbaik Konsumsi Kunyit agar Menyehatkan Tubuh

Kompas.com - 21/02/2023, 08:19 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Kunyit termasuk dalam tanaman berkhasiat untuk kesehatan. Meski sering dipakai dalam masakan Indonesia, tetapi untuk memperoleh khasiat “obat” ada cara pakai yang harus diketahui.

Kandungan aktif dalam kunyit yang telah banyak diteliti manfaatnya untuk tubuh adalah kurkumin. Dalam 100 gram kunyit terkandung sekitar 1.5 gram kurkumin.

Selain bersifat anti-peradangan, kurkumin juga berpotensi sebagai obat kanker dan menurunkan kadar gula darah.

Dijelaskan oleh pakar dari Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor, Dr.Rimbawan, kunyit bisa dikonsumsi dalam bentuk segar, minuman, atau pun suplemen.

“Kalau dipakai dalam bentuk segar seperti untuk bumbu masakan sepertinya kurang dosisnya, karena kalau terlalu banyak jadi tidak enak masakannya,” kata Rimbawan dalam talkshow yang digelar oleh Herbalife secara daring (16/2/2023).

Baca juga: 5 Khasiat Kunyit untuk Kesehatan Anak Selain Mengatasi Demam

Beberapa penelitian juga menyebut kurkumin lebih mudah diserap tubuh jika dkonsumsi bersama lemak, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau minyak nabati lainnya.

Karena kurkumin tidak bertahan lama dalam tubuh, maka kita harus terus menjaga kadarnya dengan mengonsumsinya secara rutin. Dalam bentuk suplemen, kita bisa mengondumsi dua kali sehari.

Rimbawan menyebutkan kunyit aman dikonsumsi sampai 500 mg dua kali sehari selama 30 hari.

Saat ini telah banyak produk suplemen dengan bahan aktif kurkumin yang lebih praktis untuk dikonsumsi. Selain itu, produk tersebut juga lebih higienis dan memiliki takaran dosis yang terukur.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Kunyit bagi Kesehatan

Salah satu suplemen kunyit yang baru diluncurkan adalah Immunoturmeric dari Herbalife Nutrition.

Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia, Andam Dewi mengatakan produk ini memakai bahan baku yang dikembangkan oleh petani kunyit di Jawa Tengah.

“Produk baru ini semakin melengkapi rangkaian suplemen nutrisi perusahaan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat dan sehat,” katanya.

Setiap kapsul Immunoturmeric terdiri dari 336mg rimpang curcuma domestica (curcuma longa) dalam partikel berukuran nano.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com