Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
DR. dr. Arya Tjipta, Sp. B.P.R.E., Subsp.K.M(K)
Dokter

Dokter Spesialis Bedah Plastik

Mengenal "Microbotox": Manfaat dan Potensi Efek Samping

Kompas.com - 06/07/2023, 17:12 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

APA kabar, para pembaca sekalian? Apakah hari ini Anda merasa cukup cantik dan tampan? Atau, mungkin Anda sedang berpikir tentang bagaimana caranya untuk terlihat lebih segar dan muda?

Jika jawabannya adalah ya, maka Anda berada di tempat yang tepat, karena kali ini kita akan membahas topik yang menarik dan penuh misteri: Microbotox.

Apa itu Microbotox?

Untuk memahami microbotox, kita perlu sedikit mengulas tentang botox pada umumnya. Botox adalah produk yang berasal dari bakteri clostridium botulinum.

Ini adalah neurotoksin, yang berarti bisa menghambat kerja saraf. Saat disuntikkan ke otot, botox dapat memblokir sinyal saraf yang membuat otot berkontraksi, dengan demikian mengurangi garis-garis dan kerutan di wajah.

Namun, botox biasa memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya adalah hasil yang kadang-kadang bisa tampak tidak alami atau 'kaku'. Di sinilah Microbotox berperan.

Microbotox, yang juga dikenal sebagai 'Baby Botox', adalah versi 'ringan' dari botox. Itu disebut "micro" karena menggunakan dosis yang jauh lebih kecil dari neurotoksin yang sama digunakan dalam perawatan botox biasa.

Selain itu, microbotox juga disuntikkan lebih dangkal ke kulit, mencapai dermis (lapisan kedua kulit), bukan otot di bawahnya.

Hal ini memungkinkan microbotox menargetkan kelenjar keringat dan sebaceous, bukan otot, yang membuka sejumlah manfaat baru yang tidak ditawarkan oleh botox biasa.

Apa manfaat microbotox?

1. Membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak

Salah satu manfaat microbotox yang mungkin mengejutkan adalah kemampuannya untuk membantu mengatasi jerawat dan kulit berminyak.

Microbotox bukan hanya tentang mengurangi kerutan. Manfaat ini berasal dari fakta bahwa microbotox bisa mengurangi produksi sebum, minyak alami yang dihasilkan oleh kulit kita.

Sebum berlebih bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Jadi, dengan mengontrol produksi sebum, microbotox bisa membantu mengurangi masalah jerawat dan kulit berminyak.

Microbotox juga memiliki efek antiinflamasi yang bisa membantu meredakan peradangan yang terkait dengan jerawat. Ini membuatnya menjadi alternatif yang efektif untuk perawatan jerawat konvensional, yang sering kali memiliki efek samping seperti kulit kering dan iritasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com