Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kadar Gula Normal pada Anak? Berikut Penjelasannya...

Kompas.com - 07/09/2023, 19:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Orangtua mungkin perlu mengetahui berapa kadar gula darah normal anak agar si kecil terhindar dari berbagai penyakit, seperti diabetes hingga penyakit kardiovaskular.

Dilansir dari Kids Health, kadar gula darah yang tinggi bisa merusak pembuluh darah. Padahal, pembuluh darah bertugas menyuplai darah ke organ vital.

Jika aliran darah terhambat, seorang anak berisiko mengalami penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, gangguan penglihatan hingga gangguan saraf.

Efek ini mungkin tidak langsung muncul. Namun, bisa terjadi ketika remaja atau dewasa, terutama jika kadar gula darah tidak dikontrol dengan baik.

Sementara itu, jika kadar gula darah terlalu rendah, anak berisiko mengalami masalah kesehatan, seperti sakit kepala, penglihatan kabur, koordinasi tubuh yang buruk, dan mudah mengantuk.

Jika kadar gula darah yang rendah tidak segera ditangani dan terus menurun, mereka bisa mengalami kejang hingga tak sadarkan diri.

Melihat adanya efek samping dari kadar glukosa yang tinggi atau terlalu rendah, kita mungkin perlu mengetahui berapa kadar gula darah normal pada anak. 

Baca juga: Apa Yang Terjadi saat Kadar Gula Darah Anak Tinggi? Simak Faktanya...

Berapa kadar gula darah normal anak?

Kisaran kadar gula normal setiap anak bisa berbeda-beda. Hal ini dipengaruhi oleh usia, pola makan, rutinitas olahraga, atau aktivitas yang dilakukannya. 

Menurut Nationwide Children’s Hospital, berikut kadar gula darah normal anak:

  • usia 0 hingga 5 tahun berkisar 100 hingga 180 mg/dl
  • usia enam hingga sembilan tahun berkisar 80 hingga 140 mg/dl
  • usia 10 tahun ke atas 70 hingga 120 mg/dl.

Dikutip dari Diabetes UK, kadar gula darah anak tidak hanya ditentukan oleh faktor usia. Makanan juga mempengaruhi kadar gula darah anak.

Sebelum makan, kadar gula darah normal anak biasanya berada di angka 72 hingga 126 mg/dl. Sedangkan setelah makan, kadar gula darah normal anak berada di angka 90 hingga 162 mg/dl.

Nah, itulah kadar gula darah normal anak. Dengan mengetahui berapa kadar gula darah normal pada anak, orangtua bisa memantau kondisi si kecil dan sebagai salah satu pencegahan masalah medis akibat gula darah tinggi.

Orangtua dapat mengajak si kecil periksa ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk mengetahui kadar gula darahnya.

Anda juga dapat berkonsultasi dengan dokter mengenai gaya hidup sehat untuk mengontrol gula darah.

Baca juga: Dampaknya Fatal, Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan saat Gula Darah Tinggi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com