Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Boleh Mandi Tanpa Sabun? Berikut Penjelasannya…

Kompas.com - 05/10/2023, 19:00 WIB
Ria Apriani Kusumastuti

Penulis

KOMPAS.com - Mandi dapat membantu menghilangkan kuman, debu, dan keringat yang menempel di kulit setelah seharian beraktivitas. Namun, apakah boleh mandi tanpa sabun?

Ternyata, mandi tidak harus dilakukan menggunakan sabun. Mandi dengan air bersih saja bisa membantu menghilangkan kotoran yang menempel dan menjaga kelembapan kulit.

Meskipun begitu, cara ini tidak disarankan untuk dilakukan jika Anda memiliki keringat berlebih atau memiliki gangguan kulit tertentu, seperti eksim.

Untuk itu, ketahui penjelasan dan cara mandi tanpa menggunakan sabun berikut ini.

Baca juga: Apakah Boleh Mandi saat Terkena Eksim? Berikut Penjelasannya…

Apakah boleh mandi tanpa sabun?

Mandi ternyata tidak harus dilakukan dengan sabun, atau hanya menggunakan air saja.

Dilansir dari Healthline, sabun memiliki kadar pH yang lebih tinggi sehingga dapat membuat kulit menjadi lebih kering, gatal, iritasi, dan inflamasi.

Bahkan, beberapa jenis gangguan kesehatan kulit, seperti eksim, rosacea, dan jerawat, dapat bertambah parah jika Anda menggunakan jenis sabun yang tidak tepat.

Membersihkan area tubuh dengan menggunakan air saja sudah dapat membantu menghilangkan kotoran yang menempel dan menjaganya agar tetap lembap.

Melansir Huffpost, bakteri dan kuman yang menempel pada kulit dapat menyebabkan bau badan. Namun, 80 persen di antaranya bisa dibersihkan hanya dengan menggunakan air.

Sedangkan 20 persen sisanya tidak dapat dihilangkan secara alami dan bisa memicu bau badan, rasa gatal, atau ruam di kulit.

Meskipun begitu, Anda tetap bisa menggunakan sabun yang memiliki kandungan bahan yang lembut untuk membersihkan area ketiak dan organ intim jika masih merasa khawatir dengan kebersihannya.

Anda yang memiliki produksi keringat berlebih atau gangguan kesehatan kulit tertentu perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mencoba mandi tanpa sabun.

Pasalnya, cara ini justru dapat membuat kondisi yang dialami bertambah serius atau memicu munculnya gejala lainnya.

Baca juga: Malas Mandi Tanda Depresi, Mitos atau Fakta?

Cara mandi tanpa sabun

Meskipun dapat membersihkan kulit dari kuman dan kotoran yang menempel, menggunakan sabun saat mandi dapat membuat kulit menjadi sangat kering.

Anda yang belum terbiasa mandi tanpa sabun dapat menggantinya dengan produk lain yang lebih lembut untuk kulit.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com