Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Penyebab Lidah Pahit dan Cara Menghilangkannya

Kompas.com - 29/10/2023, 16:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Umumnya lidah pada mulut terasa pahit karena efek dari beberapa makanan dan minuman yang kita konsumsi, seperti jamu, pare, atau kopi. 

Namun, perlu Anda ketahui, terkadang lidah pahit saat sakit sehingga kondisi ini juga bisa jadi tanda masalah kesehatan tertentu.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa penyebab lidah pahit serta cara menghilangkannya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Lidah Terasa Pahit Saat Sakit

Penyebab lidah pahit

Penyebab lidah pahit dapat dipicu oleh beberapa faktor dan umumnya bukan menjadi kondisi yang serius.  Berikut beberapa kemungkinan penyebab mulut terasa pahit:

  • Mulut kering

Melansir Medical News Today, mulut kering atau dikenal juga sebagai xerostomia merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika mulut tidak menghasilkan cukup air liur.

Untuk diketahui, fungsi air liur penting untuk mengurangi bakteri di mulut. Saat mulut kering, maka bakteri dapat bertahan dan berkembang lebih banyak. Hal ini bisa membuat lidah pahit.

Faktor-faktor yang bisa menjadi pemicu mulut kering bisa dari efek samping obat-obatan tertentu, kebiasaan merokok, atau mengalami hidung tersumbat.

  • Efek obat

Melansir Centre for Dental Health La Jolla, penyebab lidah pahit selanjutnya dapat berasal dari efek obat-obatan seperti antibiotik, antidepresan, obat asam urat, obat penyakit jantung, dan multivitamin.

Multivitamin dengan mineral seperti zinc, kromium, tembaga, dan zat besi terkadang juga meninggalkan jejak logam, sehingga menyebabkan rasa pahit di mulut setelahnya.

Saat menelan dan tubuh menyerap obat-obatan tersebut, efeknya dapat meninggalkan rasa pahit di mulut.

 

  • Sariawan

Sariawan karena infeksi kuman di mulut sering menyebabkan bintik-bintik putih atau bercak muncul di lidah, mulut, atau tenggorokan.

Hal tersebut juga dapat menyebabkan rasa pahit pada lidah di mulut yang menganggu kenyamanan dan dapat bertahan sampai infeksi diobati.

  • GERD

Lidah pahit juga bisa jadi tanda penyakit asam lambung kronis atau refluks gastroesofageal (GERD).

Penyakit ini membuat cairan asam dari lambung mengalir kembali ke kerongkongan, sehingga menyebabkan lidah terasa pahit disertai dengan mual dan sakit ulu hati.

  • Kebersihan mulut yang tidak terjaga

Kebersihan mulut yang tidak dijaga dengan baik juga dapat menyebabkan rasa pahit lidah di mulut. Kondisi mulut dan gigi yang kotor dan tidak terjaga ini dapat memicu peradangan sebagai bagian dari respons imun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com