Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Makanan Penyebab Vertigo Kambuh yang Sebaiknya Dihindari Penderita

Kompas.com - 20/11/2023, 06:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pantangan vertigo agar masalah kesehatan ini tidak sering kumat salah satunya bisa dilakukan dengan menghindari makanan tertentu. 

Untuk itu, sebaiknya penderita gangguan kesehatan ini menandai atau menghindari beberapa jenis makanan penyebab vertigo kambuh. 

Perlu diketahui, vertigo adalah masalah kesehatan yang membuat penderitanya merasakan sensasi lingkungan seperti berputar-putar, pusing, kepala kliyengan, atau tidak seimbang.

Dilansir dari Cleveland Clinic, terdapat dua jenis vertigo, yaitu jenis perifer dan sentral. Dua kondisi ini sama-sama bisa mengganggu aktivitas sehari-hari dan meningkatkan risiko cedera.

Cara mengontrol masalah kesehatan ini bisa dilakukan dengan pengaturan pola makan yang tepat, salah satunya menghindari konsumsi makanan tertentu. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan berikut. 

Baca juga: Kenali Apa itu Vertigo, Ciri-ciri, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Makanan penyebab vertigo kambuh

Berikut ini deretan beberapa makanan penyebab vertigo kambuh yang perlu dihindari penderita:

  • Makanan tinggi natrium

Dinukil dari Longevity, makanan tinggi natrium seperti makanan berpenyedap, bersaus, berkecap, camilan asin, makanan instan, makanan beku, makanan cepat saji bisa menahan cairan yang semestinya digunakan untuk mengencerkan natrium di dalam tubuh.

Hal itu bisa meningkatkan ketidakseimbangan pada struktur halus telinga bagian dalam, serta bisa meningkatkan tekanan atau menyebabkan terganggunya sinyal yang ditransmisikan ke otak.

Kondisi di atas bisa memicu munculnya gejala vertigo seperti pusing, perasaan berputar, dan rasa tubuh kehilangan keseimbangan.

  • Kafein

Melansir Deve Health, konsumsi kafein yang berlebihan dapat menjadi penyebab kepala kliyengan atau vertigo kambuh.

Hal itu disebabkan efek samping kafein yang terkadang bisa mengganggu keseimbangan cairan tubuh, sehingga mengakibatkan vertigo kambuh.

Untuk mencegah gejala vertigo kembali, penderita sebaiknya membatasi asupan berkafein, seperti cokelat, teh, kopi, minuman bersoda, atau minuman berenergi.

  • Alkohol

Melansir Health Digest, terlalu banyak mengonsumi minuman beralkohol juga dapat meningkatkan risiko vertigo, serta gejala lain yang terkait dengan masalah kesehatan ini, seperti gangguan keseimbangan, mual, dan muntah.

Hal ini dapat terjadi karena minum minuman beralkohol dapat membuat seseorang mengalami dehidrasi, dan bisa memengaruhi cairan di telinga bagian dalam yang menyebabkan otak tidak mendapatkan informasi yang benar mengenai posisi tubuh.

  • Makanan tinggi histamin

Dapat diketahui, gejala vertigo dan migrain dapat muncul berdampingan sehingga makanan tertentu dapat menyebabkan kedua kondisi ini kambuh.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com