Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Seseorang yang Kelebihan Karbohidrat Dapat Menjadi Gemuk?

Kompas.com - 24/11/2023, 12:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Karbohidrat adalah salah satu nutrisi penting dalam pola makan kita. Tapi, akibat kelebihan karbohidrat ternyata bisa jadi penyebab berat badan naik. 

Simak penjelasan mengapa seseorang yang kelebihan karbohidrat dapat menjadi gemuk berikut cara mengelola pola makan seimbang agar berat badan terjaga lewat artikel berikut ini. 

Baca juga: 4 Sumber Karbohidrat Selain Nasi dari Pangan Lokal

Mengapa seseorang yang kelebihan karbohidrat dapat menjadi gemuk?

Dikutip dari Scientific American, seseorang bisa menjadi gemuk jika ada ketidakseimbangan antara jumlah kalori yang keluar lewat aktivititas sehari-hari dengan jumlah kalori yang masuk lewat makanan, termasuk karbohidrat. 

Dengan kata lain, kita bisa menjadi lebih gemuk ketika setiap hari kurang gerak dan jarang olahaga, tapi konsumsi karbohidrat berlebihan.

Terutama jenis karbohidrat sederhana, seperti asupan manis, gula, nasi putih, makanan yang dibuat dari tepung terigu, dll.

Melansir Eating Well, sebenarnya karbohidrat adalah sumber energi utama tubuh yang membantu mengontrol glukosa darah, metabolisme insulin, menyediakan serat, memasok energi, dan berperan dalam metabolisme kolesterol dan trigliserida.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), kebutuhan karbohidrat orang dewasa rata-rata sebanyak 275 gram per hari, jika seseorang mengonsumsi makanan 2.000 kalori.

Seseorang akan mengalami kelebihan karbohidrat jika mengonsumi lebih dari jumlah karbohidrat harian di atas.

Baca juga: 6 Makanan Tinggi Karbohidrat Yang Ternyata Sangat Menyehatkan

Selain itu, alasan kelebihan karbohidrat dapat membuat gemuk yaitu karena orang yang terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat cenderung mengonsumsi kalori berlebihan.

Melansir Study.com, setiap 1 gram karbohidrat mengandung 4 kalori. Jadi, akibat kelebihan karbohidrat ini membuat tubuh menyimpan lebih banyak kalori yang potensial menyebabkan kenaikan berat badan dan obesitas.

Tak hanya itu, peningkatan karbohidrat yang terjadi pada tubuh tersebut juga akan merangsang pankreas untuk melepaskan lebih banyak hormon insulin. Hormon ini dapat meningkatkan penyimpanan lemak ketika sel-sel lemak mengambil glukosa.

Kelebihan karbohidrat juga menyebabkan kesehatan metabolisme tubuh menjadi lebih buruk dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi kelebihan karbohidrat.

Baca juga: 6 Buah Mengandung Karbohidrat yang Mengenyangkan dan Cocok untuk Diet

Cara mengatasi kelebihan karbohidrat

Melansir MedicineNet, berikut ini cara mengatasi kelebihan karbohidrat yang dapat Anda coba, meliputi:

  • Konsumsi lebih banyak lemak sehat

Konsumsi lebih banyak lemak sehat. Lemak sehat memiliki banyak manfaat kesehatan dan membantu meningkatkan rasa kenyang. Makanan yang termasuk ke dalam lemak sehat adalah telur, tahu, ikan, alpukat, susu kedelai, dan lainnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com