Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kenapa Keringat Berlebih Saat Sakit? Kenali Penyebabnya

Kompas.com - 09/12/2023, 08:01 WIB
Agustin Tri Wardani,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berkeringat adalah hal lumrah yang dialami manusia. Selain karena beraktivitas intens, tubuh juga bisa mengalami keringat berlebih saat sakit.

Perlu diketahui, tujuan tubuh berkeringat utamanya untuk menjaga suhu tubuh sekaligus mengeluarkan zat yang tidak diperlukan tubuh.

Keringat kita sebagian besar terdiri atas air. Selain itu, keringat juga mengandung natrium dan elektrolit dalam jumlah kecil.

Lalu, tahukan Anda kenapa keringat berlebih saat sakit? Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, Anda dapat menyimak pembahasannya melalui artikel di bawah ini.

Baca juga: Mengapa Keringat Berlebihan? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kenapa keringat berlebih saat sakit?

Melansir Healthline dan My arpe, penyebab keringat berlebih saat sakit utamanya sebagai bentuk respons alami tubuh untuk mengatur suhu tubuh yang sedang meningkat.

Saat sakit, tubuh terkadang akan mengalami demam atau suhu tubuh meningkat sebagai respons terhadap infeksi, peradangan, atau trauma.

Begitu tubuh mengalami demam, tubuh secara alami bakal melepaskan zat kimia yang disebut pirogen ke dalam aliran darah.

Pirogen adalah bagian dari sistem kekebalan tubuh melalui proses kimia yang kompleks. Dampak pelepasan zat kimia ini menyebabkan suhu tubuh meningkat.

Kondisi demam tersebut akan memicu kelenjar keringat untuk menghasilkan lebih banyak keringat melalui cara vasokonstriksi kulit (penyempitan pembuluh darah) yang menyebabkan tubuh menggigil agar lebih hangat.

Setelah berkeringat, umumnya tubuh orang yang sedang sakit akan merasa lebih baik dan rasa tidak nyaman di tubuh berkurang.

Baca juga: Mengapa Saat Udara Dingin Kulit Tidak Mengeluarkan Keringat?

Akibat keringat berlebihan saat sakit

Meskipun alasan kenapa keringat berlebihan saat sakit umumnya normal karena menyangkut mekanisme alami tubuh, tapi perlu diperhatikkan juga bahwa perubahan kondisi ini ada dampaknya untuk tubuh.

Berikut beberapa akibat keringat berlebihan pada tubuh saat sakit:

  • Badan lemas

Tuntutan metabolisme saat mengatur suhu tubuh secara alami membuat tubuh membutuhkan lebih banyak energi saat sakit. Jadi, upayakan untuk banyak istirahat dan upayakan untuk tetap mengonsumsi asupan bergizi agar tubuh tidak lemas.

  • Disregulasi suhu tubuh

Terkadang, saat sakit dan berkeringat secara berlebihan, tubuh akan kesulitan mempertahankan suhu tubuh yang benar karena suhunya naik turun.

  • Dehidrasi

Kehilangan cairan keringat berlebihan saat sakit dapat menguras cairan di dalam tubuh dan memicu dehidrasi. Untuk itu, upayakan untuk minum banyak cairan agar terhindar dari risiko dehidrasi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com