Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Apa Itu Orgasme Puting, Manfaat, dan Caranya

Kompas.com - 11/12/2023, 22:00 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

 

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang orgasme bisa dicapai tanpa harus melakukan penetrasi seksual, bagian tubuh seperti puting ternyata bisa menciptakan orgasme yang sama manfaatnya dengan orgasme seksual.

Orgasme atau puncak kenikmatan dalam berhubungan seksual adalah klimaks dimana tubuh melepaskan ketegangan dan otot berkontraksi secara ritmis.

Baca juga: 9 Manfaat Orgasme untuk Kesehatan yang Tak Terduga

Orang cenderung mengasosiasikan orgasme dengan alat kelamin, tapi orgasme juga bisa terjadi akibat rangsangan di zona sensitif seksual lainnya, seperti puting.

Ketika seseorang baik pria maupun wanita mampu merasakan sensasi puncak kenimatan melalui rangsangan pada puting, hal itu disebut orgasme puting.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan tentang apa itu orgasme puting, manfaat, dan caranya berikut.

Apa itu orgasme puting?

Dilansir dari Medical News Today, bukti ilmiah menegaskan bahwa merangsang payudara, dada, dan puting dapat menimbulkan kenikmatan seksual dan orgasme.

Sebuah studi tahun 2019 menemukan bahwa menstimulasi puting susu dapat mengaktifkan bagian otak yang sama dengan yang diaktifkan oleh rangsangan genital, yaitu korteks sensorik genital.

Puting susu mengandung ratusan saraf sehingga membuatnya sensitif. Saraf-saraf ini berperan dalam gairah dan orgasme baik untuk pria maupun wanita.

Setiap orang mempunyai pengalaman orgasme yang berbeda-beda. Orgasme puting mungkin terasa mirip dengan orgasme genital, atau mungkin malah berbeda.

Beberapa orang mengatakan bahwa orgasme pada puting terjadi lebih lambat, kemudian menimbulkan gelombang sensasi tiba-tiba ke seluruh tubuh secara bertahap hingga mencapai klimaks.

Baca juga: Ketahui 2 Gangguan Orgasme pada Pria yang Pantang Diabaikan

Manfaat orgasme puting

Berhubungan seksual memang bertujuan untuk mencapai puncak kenikmatan dimana tubuh akan merasa rileks dan tenang.

Orgasme puting sendiri bisa membuat Anda mendapatkan kepuasan tanpa harus menyentuh alat kelamin.

Hormon oksitosin yang dikeluarkan saat mengalami orgasme dapat membuat Anda lebih tenang dan mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker.

Manfaat orgasme puting lainnya, yaitu:

  • Mengurangi stres berlebihan
  • Membantu meningkatkan rasa percaya diri
  • Memicu produksi hormon dehydroepiandrosterone (DHEA), hormon yang dibuat di kelenjar adrenal yang ada hubungannya dengan kebugaran tubuh.

Bagaimana cara melakukan orgasme puting?

Untuk mendapatkan orgasme puting, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan karena rangsangan yang diterapkan berbeda dengan penetrasi seksual.

Komunikasi dengan pasangan adalah kunci untuk bisa melakukan rasangan pada puting agar puncak kenikmatan bisa terjadi.

Berikut ini adalah beberapa cara melakukan orgasme puting yang perlu Anda ketahui:

  1. Jangan terburu-buru: orgasme puting bisa memakan waktu lama oleh karena itu sisihkan waktu yang cukup untuk mengeksplorasi sensasi dan mengidentifikasi apa yang terasa menyenangkan.
  2. Pastikan Anda dalam suasana hati yang baik: dengan atau tanpa pasangan, pertimbangkan mood dalam kondisi yang baik sebelum dan saat melakukan rangsangan.
  3. Cobalah dengan mematikan lampu, menyalakan lilin aromaterapi, dan mendengarkan musik-musik romantis.
  4. Merangsang beberapa bagian tubuh: ambil merangsang puting dengan lembut, cobalah menyentuh zona sensitif seksual lainnya, termasuk alat kelamin agar sensasi yang dirasakan semakin menggairahkan.
  5. Gunakan alat bantu seperti vibrator puting, minyak atau lotion.
  6. Pijat bagian dada dengan lembut lalu memutar puting susu di antara ibu jari dan telunjuk.
  7. Lumasi puting dengan es batu atau gunakan penjepit untuk memberikan tingkat sensati yang berbeda.
  8. Gunakan mulut untuk eksplorasi yang lebih mendalam: setelah puas melakukan rangsangan dengan tangan, Anda bisa menggunakan mulut untuk mendapatkan orgasme puting dengan cara menjilat, mengisap, dan menggigit.

Baca juga: 5 Jenis Orgasme pada Wanita dan Cara Mendapatkannya

Orgasme puting adalah salah satu jenis orgasme yang bisa dirasakan perempuan maupun laki-laki untuk meningkatkan kualitas seksual. 

Bila Anda kesulitan untuk mendapatkan orgasme dengan rangsangan pada puting, organ reproduksi, maupun bagian tubuh lainnya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com