Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dukungan Ibu Optimalkan Perkembangan Anak Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 14/12/2023, 17:52 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Membesarkan anak berkebutuhan khusus merupakan tantangan bagi setiap orangtua. Namun, penerimaan dan dukungan orangtua akan membuka jalan bagi tumbuh kembang anak.

Sejak pertama kali si kecil belajar melangkah hingga pertama kali masuk sekolah, anak berkebutuhan khusus (ABK) membutuhkan perhatian, kasih sayang, dan cinta tanpa batas.

Sangat wajar jika seorang ibu merasa sedih, marah, cemas, dan frustasi, dengan kondisi buah hatinya yang istimewa. Namun, pahami bahwa Anda tidak sendiri.

Selain dukungan dari keluarga terdekat dan teman, ibu juga bisa bergabung dengan komunitas pendukung dari orangtua yang juga memiliki ABK untuk mendapatkan dukungan.

Hal ini bisa membuat orangtua tidak merasa sendirian dan mendapatkan banyak informasi tentang cara mengoptimalkan potensi dan bakat anak-anaknya.

Baca juga: Ini Media Belajar Anak Berkebutuhan Khusus Sesuai Kriteria

Beauty Class untuk Ibu ABK

Menyambut Hari Ibu, Deca Group, perusahaan kecantikan lokal yang menaungi brand
Whitelab dan gouté, menyelenggarakan kelas kecantikan (beauty class) untuk ibu dan anak bertajuk Unconditional Beauty.

Dalam kegiatan tersebut, Deca Group menggandeng Destiny Project, sebuah learning center yang berfokus pada ABK.

Menyambut Hari Ibu, Deca Group menggandeng Destiny Project melakukan beauty class untuk ibu dan anak berkebutuhan khusus.Dok Deca Group Menyambut Hari Ibu, Deca Group menggandeng Destiny Project melakukan beauty class untuk ibu dan anak berkebutuhan khusus.

Head of Marketing Deca Group, Devie Diana mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk apresiasi terhadap ibu dan anak berkebutuhan khusus.

“Merawat dan membesarkan anak yang berkebutuhan khusus bukanlah hal yang mudah, setiap ibu yang dikaruniai anak istimewa ini terus berjuang agar kondisi anak-anaknya menjadi lebih baik".

"Kami percaya anak-anak spesial yang memiliki keterbatasan kemampuan bisa diarahkan secara maksimal bila memiliki kolaborasi yang baik dengan orangtuanya," kata Devie.

Baca juga: Sinopsis Why Do You Love Me, Kisah 3 Lelaki yang Berkebutuhan Khusus

Ia menjelaskan, program ini dibagi menjadi 2 yaitu kelas skincare bersama Whitelab di mana di sesi ini akan dikenalkan tahapan skincare yang dapat digunakan oleh ibu dan anak-anak.

Setelah itu dilanjutkan dengan kelas tata rias bersama gouté. Di sesi ini ibu & anak-anak diedukasi mengenai teknik make up yang benar dan cara mengaplikasikan produk-produk make up dengan sempurna. Tentunya produk produk yang digunakan untuk kegiatan ini adalah produk produk yang aman bagi kulit sensitif.

Business Manager Destiny Project, Timothy menyampaikan program CSR tersebut sesuai dengan visi misi Destiny Project yang ingin melihat setiap ABK dapat menemukan bakat dan minatnya.

"Hopefully acara seperti ini dapat menginspirasi banyak pihak. Sehingga anak-anak bisa punya pengalaman yang baik untuk ke depannya," ujar Timothy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com