Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/06/2024, 20:09 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Upaya peningkatan status gizi anak-anak saat ini menjadi prioritas pemerintah untuk menurunkan angka stunting.

Pemberian pangan tambahan dengan suplemen ikan gabus terbukti bisa mendukung tumbuh kembang anak. Hal itu dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, yang menjadi salah satu daerah prioritas pengentasan stunting.

Dalam penelitian itu, 37 persen balita stunting berhasil masuk dalam kategori normal dan 14,2 persen mengalami perbaikan pertumbuhan setelah 6 bulan diberi suplemen ikan gabus bersama dengan makanan tambahan biskuit bergizi yang jadi program Kementrian Kesehatan.

Berdasarkan standar pengukuran pertumbuhan yang diterapkan WHO, balita yang dipantau dalam studi ini mengalami peningkatan pesat dalam penambahan berat badan dan tinggi badan.

Pertumbuhan terbaik terjadi dalam grup balita yang menerima hanya suplemen ikan gabus. Suplemen ikan gabus yang diberikan juga memiliki efek yang meningkatkan selera makan.

Baca juga: Rahasia China Berhasil Turunkan Angka Stunting

“Penelitian ini sangat bermanfaat, terutama untuk Kabupaten Serdang Bedagai, tahun lalu terjadi penurunan angka stunting dari 21 persen menjadi 14 persen,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Serdang Bedagai, Dr. Yohnly Boelian Dachban.

Penelitian di Serdang Bedagai itu dilakukan melalui kerjasama Dinas Kesehatan dan Bioinformatics & Data Science Research Center (BDSRC), Universitas Bina Nusantara.

Sementara itu suplemen ikan gabus diproduksi dan didistribusikan oleh PT Mega Medica Pharmaceuticals (MMP) sebagai bagian dari tanggung jawab sosial kepada penduduk lokal Serdang Bedagai.

Hasil penelitian juga dipublikasikan di jurnal ilmiah Scientific Reports.

Baca juga: 3 Manfaat Kesehatan Ikan Gabus

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com