Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Penurunan Berat Badan, Pria Lebih Unggul dari Wanita

Kompas.com - 12/03/2015, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Jika dibandingkan dengan pria, bagi wanita menjadi gemuk adalah suatu hal yang sulit dihindari.  Penelitian yang membandingkan antara pria dan wanita saat mengikuti berbagai jenis diet juga menunjukkan pria lebih unggul dalam hal memangkas angka timbangannya.

Jadi, faktor apa saja yang membuat pria tampaknya lebih gampang menurunkan berat badan?

Tubuh yang lebih besar
Pria, secara keseluruhan memiliki tubuh yang lebih besar daripada wanita. Makin besar tubuh, maka akan semakin banyak energi yang dibakar saat melakukan aktivitas fisik, bahkan aktivitas ringan sekalipun.

Tingkat metabolisme basal pria juga lebih besar, dan karena tingkat metabolisme basal mencapai 70 persen dari energi yang kita bakar setiap hari, tak heran jika mereka unggul. Yang perlu mereka lakukan adalah mengurangi sedikit asupan dan kapasitas energi yang di bakar harus lebih besar agar mendapatkan hasil yang cepat.

Memiliki otot
Pria cenderung memiliki lebih banyak otot daripada wanita  dan tubuh yang memiliki komposisi otot lebih banyak akan membakar energi yang lebih banyak pula.

Terlebih lagi, seiring bertambahnya usia, massa otot akan berkurang. Di usia 40 tahun, sekitar 8 persen massa otot berkurang atau disebut dengan sarkopenia. Ini juga menjelaskan mengapa kemampuan menurunkan berat badan juga dipengaruhi oleh usia, seperti halnya juga jenis kelamin.

Karena itulah jika Anda ingin berlatih olahraga untuk mempercepat penurunan berat badan, lakukan kombinasi antara latihan aerobik dan olahraga angkat beban. Jangan ragu untuk membentuk otot sedikit.

Peran sebagai juru masak
Walau saat ini semakin banyak kaum adam yang memiliki hobi memasak, tapi tugas memasak dalam rumah tangga kebanyakan masih diemban oleh para wanita.

Seringkali, saat memasak kita mencomot sedikit-sedikit bahan makanan atau mencicipi satu dua sendok untuk mengetahui rasanya. Jika dilakukan setiap hari, jumlah kalori yang diasup sebenarnya cukup banyak.

Melampiaskan emosi melalui makan
Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang merasa bosan dan frustasi cenderung menghibur diri lewat kebiasaan makan dan ngemil. Intinya, cukup banyak wanita yang makan bukan karena lapar. Pria sebaliknya, mereka lebih sadar akan porsi makanan dan lebih jarang ngemil.

Apa yang rarus dilakukan wanita?
Anda tidak bisa melawan kromosom XX yang berada dalam tubuh, namun banyak hal yang bisa membuat beberapa perubahan yang akan berpengaruh pada berat badan.

Tetap aktif, terus bergerak, maka energi yang dibakar akan semakin banyak. Tambahkan beberapa latihan untuk membangun otot, hal ini tidak hanya akan membuat Anda terlihat lebih ramping, namun juga menjadikan tubuh Anda lebih sehat.

Jangan biarkan ketidakbahagiaan, kebosanan, stres, serta rasa frustrasi mempengaruhi pola makan Anda, karena tanpa disadari kebiasaan ini akan membuat jarum timbangan terus bergerak ke kanan. (Monica Erisanti)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com