Kompas.com - 10/04/2014, 11:31 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -- Banyak pria yang merasa tidak puas dengan ukuran "Mr P" alias penisnya. Mereka berharap mempunyai penis yang lebih panjang dari ukurannya yang sekarang. Padahal, ukuran normal penis saat ereksi ternyata tidak sepanjang yang dipikirkan banyak orang.

Hasil survei terbaru yang dimuat dalam Journal of Sexual Medicine menyebutkan, ukuran rata-rata penis pria saat ereksi penuh adalah sekitar 14 cm. Survei ini dilakukan pada 1.661 pria Amerika.

Sementara itu, menurut dr Naek L Tobing dalam bukunya Seks Tuntunan Bagi Pria, panjang penis orang Indonesia saat lembek adalah 9-12 cm. Pada saat ereksi, ukurannya 10-14 cm. Para orang Barat (Kaukasia) atau orang Timur Tengah, ukurannya sedikit lebih panjang, yakni antara 12,2 cm sampai 15,4 cm.

Dalam survei yang dipimpin oleh seksolog Debby Herbenick PhD ini, para pria yang menjadi responden mengukur sendiri penis mereka di rumah, kemudian melaporkannya. Metode ini dinilai lebih akurat karena tentu lebih sulit bagi seorang pria untuk ereksi di depan orang asing yang akan melakukan pengukuran.

Sebenarnya, apa manfaat dari studi semacam ini? Ternyata banyak, berikut di antaranya:

1. Mengurangi kecemasan
Bukan rahasia lagi bahwa ukuran penis merupakan salah satu topik yang paling sering ditanyakan pada pria. Mereka cemas ukuran yang dimilikinya tidak normal dan terlalu kecil. Karena itu, dengan mengetahui berapa ukuran rata-ratanya, pria tidak perlu lagi merasa cemas. Lagi pula bervariasinya ukuran "kejantanan" pria ini adalah hal yang normal.

2. Mendorong seks yang lebih memuaskan
Ketua peneliti yang melakukan studi ini mengatakan, hasil survei ini bisa berguna bagi produsen untuk mendesain kondom, alat bantu seks, atau sex toys, yang paling tepat. "Perusahaan pembuat kondom bisa mendesain kondom yang bervariasi sehingga tepat dengan berbagai ukuran penis pria," katanya.

3. Ukurannya tak berubah
Studi ini bukan yang pertama kali yang mengukur panjang organ seksual utama pria. Namun, rata-rata ukurannya tak berubah. Studi sebelumnya juga menyebutkan, ukuran penis pria saat ereksi berkisar 12-14 cm.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber menshealth

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.