Kompas.com - 15/04/2014, 12:21 WIB
|
EditorLusia Kus Anna

KOMPAS.com -
Kebanyakan orang memilih makan, minum alkohol, atau berolahraga untuk mencari kenyamanan saat stres. Padahal, berhubungan seksual sebenarnya adalah salah satu cara terbaik untuk relaks. Masalahnya, stres seringkali menurunkan hasrat bercinta.

Ketika menghadapi berbagai persoalan kerja, urusan rumah tangga, dan finansial, seks biasanya akan menjadi urutan terahir dari daftar prioritas seseorang.

Stres juga memberikan dampak yang berbeda pada pria dan wanita. Ketika sedang stres, pria akan berusaha lari dari situasi, entah itu dengan bermain video games atau berolahraga. Pria memang akan melakukan kegiatan fisik, termasuk berhubungan seks, untuk melepaskan stresnya.

Sebaliknya dengan kaum wanita. Mereka lebih tertarik untuk melakukan bonding dan  kegiatan untuk mendekatkan diri dengan keluarganya. Biasanya mereka akan mencari sahabat terdekatnya untuk curhat atau menghabiskan waktunya menonton serial TV favoritnya. Tak heran jika seks seringkali tidak dipikirkannya, terutama ketika ia merasa stres fisik dan emosional.

Meski begitu, tak semua pria bisa melakukan hubungan seksual saat stres, terutama jika sumber stres mereka adalah keuangan dan pekerjaan. Biasanya hal ini akan membuat kemampuan ereksi mereka terganggu. Maklum saja, pria menggambarkan maskulinitas mereka sebagai kemampuan menyokong keluarganya. Jika mereka merasa tidak mampu pada bagian ini, biasanya kemampuan mereka di tempat tidur ikut berpengaruh.

Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah agar stres tidak merusak gairah bercinta:

- Jangan menunggu
Cobalah untuk mencari alternatif waktu untuk menikmati hubungan seksual. Tak perlu menunggu hingga jam 10 malam ketika Anda sudah lelah dan hanya ingin tidur. Cobalah melakukannya di pagi hari atau bercinta sambil mandi pagi sebelum ke kantor.

- Membuka diri
Jika selama ini Anda mengartikan bercinta sebagai hubungan seksual dan penetrasi, mungkin ini saatnya Anda membuka diri pada sesuatu yang baru. Jangan ragu melakukan ciuman hangat dan sentuhan fisik lain yang mendatangkan perasaan intim dengan pasangan. Meski tidak berakhir dengan hubungan seksual, tapi kedekatan tersebut akan membuat Anda berdua siap ketika waktunya tepat.

- Jaga kesehatan
Sangat mudah mendapatkan kenyamanan dari makanan atau alkohol ketika sedang sters. Tetapi kebiasaan tersebut justru akan memadamkan gairah seks Anda. Sebaliknya, lakukan gaya hidup sehat. Rutin berolahraga dan konsumsi makanan bergizi. Gaya hidup sehat bukan hanya membuat Anda merasa lebih seksi di depan pasangan, tapi juga bisa menurunkan stres.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
PENYAKIT
Flu Tulang
Flu Tulang
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.