Kompas.com - 08/11/2015, 17:15 WIB
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Banyak hal menguntungkan yang bisa kita dapat jika menguasai bahasa asing, bukan hanya untuk pekerjaan dan saat sedang berlibur ke luar negeri. Tapi, juga ada berbagai manfaat untuk kesehatan dari mempelajari bahasa asing, salah satunya adalah kesehatan otak, dengan menunda gejala demensia dan Alzheimer.

 

Alasan yang pertama adalah tingkat konsentrasi yang lebih baik. Peneliti menemukan remaja yang menguasai dua bahasa memiliki konsentrasi yang lebih baik dibandingkan dengan yang hanya menguasai satu bahasa.

 

Alasan berikutnya adalah, meningkatkan kreativitas. Tiap kali kita berbicara dengan bahasa asing, kita melatih kemampuan kreativitas kita, karena ketika berbicara menggunakan bahasa asing kita lebih memperhatikan struktur bahasa dan pemilihan kata.

 

Mempelajari bahasa asing juga mempertajam ingatan dan menunda munculnya gejala demensia dan Alzheimer. Pada orang dewasa yang hanya menguasai satu bahasa, umur rata-rata munculnya gejala demensia adalah 71 tahun, sementara untuk yang menguasai dua bahasa, umur rata-ratanya adalah 75 tahun.

 

Selain itu, berdasarkan studi dari University of Chicago, orang yang menguasai dua bahasa cenderung membuat keputusan yang lebih rasional. Alasannya adalah, orang yang berpikir menggunakan bahasa asing seringkali menganalisa pertanyaannya dengan perlahan, sementara berpikir dengan bahasa asli diasosiasikan dengan pembuatan keputusan yang dipengaruhi emosi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.