Kompas.com - 04/02/2016, 10:35 WIB
Nyamuk Aedes Aegypti. AFP PHOTO/MARVIN RECINOS Nyamuk Aedes Aegypti.
|
EditorLusia Kus Anna
KOMPAS.com — Untuk mencegah penularan infeksi virus zika di Tanah Air, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengeluarkan peringatan perjalanan (travel advisory) melalui website resminya, Rabu (3/2/2016).

Dalam travel advisory tersebut, Menteri Kesehatan RI Nila Farid Moeloek memberi pesan agar warga negara Indonesia yang hendak berkunjung ke negara yang sedang terjangkit virus zika (kejadian luar biasa/KLB) dianjurkan untuk menghindarkan diri dari gigitan nyamuk.

Beberapa cara untuk menghindari gigitan nyamuk antara lain dengan memakai pakaian panjang dan tertutup, menggunakan obat oles antinyamuk, dan tidur menggunakan kelambu atau dalam kamar dengan kawat kasa antinyamuk. Selanjutnya, warga dianjurkan segera memeriksakan diri ke dokter bila mengalami sakit.

"Wanita hamil dianjurkan tidak berkunjung ke negara yang sedang ada KLB penyakit virus zika. Jika terpaksa harus melakukan perjalanan ke negara tersebut, warga hendaknya melakukan tindakan pencegahan dari gigitan nyamuk secara ketat," ujar Menkes.

Siapa saja yang baru kembali dari negara yang sedang mengalami KLB virus zika juga diminta untuk memeriksakan kondisi kesehatannya dalam kurun waktu 14 hari setelah tiba di Indonesia.

"Segera periksakan diri ke dokter bila mengalami keluhan atau gejala demam, ruam kulit, nyeri sendi dan otot, sakit kepala, dan mata merah. Jangan lupa, sebutkan riwayat perjalanan dari negara yang sedang KLB penyakit virus zika kepada dokter pemeriksa," kata Menkes.

Kementerian Kesehatan juga meningkatkan kewaspadaan di pintu masuk negara melalui Kantor Kesehatan Pelabuhan di semua bandara dan pelabuhan di Indonesia. Upaya lainnya adalah dengan meningkatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X