Kompas.com - 15/05/2016, 17:17 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Mengatakan bahwa pasta dan pancake dapat membantu Anda menurunkan berat badan adalah pernyataan yang akan membuat banyak kalangan protes.

Namun, protes itu tidak menghalangi sekelompok ilmuwan dan produsen makanan menyatakan bahwa karbohidrat dapat benar-benar membantu tubuh membakar lemak dengan lebih baik. Yang mereka maksud adalah jenis karbohidrat mereka berarti resisten pati atau resistent starch (RS).

Meskipun kebanyakan orang belum mendengar tentang RS, para ahli mengatakan bahwa makanan kaya RS, seperti pasta dan kentang, dapat membantu kita menurunkan berat badan-jika kita memakannya denga cara yang tepat.

RS seperti pati tapi bertindak seperti serat, melewati usus kecil ke usus besar tanpa dicerna. Zat pati atau tepung yang normal memiliki kalori karena kita mencerna dan menggunakan glukosa mereka untuk energi.

Kebanyakan makanan bertepung, seperti roti putih dan pasta biasa, memiliki kandungan pati yang mudah dicerna.

Berbeda dengan RS, karena tubuh kita tidak bisa mencernanya maka energi yang kita dapat darinya juga tidak langsung, sehingga nilai kalorinya banyak berkurang. RS juga memicu hormon yang membuat kita merasa lebih kenyang, membantu kita makan lebih sedikit sepanjang hari.

 

Dua jenis Resisten Starch

Hari ini, sudah ada ratusan studi tentang RS, dan peneliti telah menemukan bahwa ada empat jenis RS yang utama. Dua yang pertama ditemukan secara alami dalam makanan.

RS 1 ada di dalam tumbuhan berbulir atau berbutir seperti gandum, serta kacang-kacangan, seperti kacang polong, lentil, dan kacang hitam.

Sementara RS 2 ada di sayuran dan buah-buahan tertentu, termasuk kentang dan pisang. Tetapi ketika Anda memasak makanan yang mengandung RS 2, pati mereka berubah dan kehilangan daya tahannya. Sebagai contoh, kentang mentah kaya RS 2 tapi ketika dipanaskan maka RS 2 itu akan hilang dan kentang menjadi sumber karbo biasa yang sari tepyngnya akan diubah menjadi energi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.