Kompas.com - 23/06/2016, 20:15 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Stres mental dapat menurunkan kualitas sperma secara signifikan. Jadi, jika saat ini Anda sedang mengidamkan kehamilan, maka cobalah melakukan yoga.

Menurut ahli genetika Rima Dada, Ph.D., yoga dapat membuat sperma Anda menjadi sehat, lebih sehat dari sebelumnya.

Pria dalam studi diminta untuk melakukan yoga setidaknya 5 hari seminggu. Peneliti melihat penurunan yang signifikan dalam stres oksidatif setelah 15 hari. Selain itu, kerusakan DNA pada sperma menurun setelah 6 bulan, sehingga meningkatkan peluang responden untuk menjadi lebih subur.

Namun, jika dia pasangan tak juga dapat hamil setelah Anda melakukan yoga selama setidaknya 1 tahun, Anda harus memeriksakan kesuburan ke dokter.

“Jika Anda telah melakukan usaha dan hubungan seks tanpa kondom selama 12 bulan tanpa hamil, sebaiknya Anda dan pasangan diperiksa,” kata Darius Paduch, gelar M.D., Ph.D., direktur kesehatan seksual dan kedokteran di Weill Cornell Medical College.

Kemungkinan Anda akan melewati pemeriksaan menyeluruh, baik fisik, sampel sperma, dan tes darah yang memeriksa hormon dan kadar gula darah.

Pengobatan tergantung pada penyebab infertilitas dan Anda mungkin akan diberi obat-obatan hormonal untuk merangsang produksi sperma normal,atau menjalani perawatan bedah jika Anda memiliki kondisi tertentu seperti varikokel.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Menshealth

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.