Kompas.com - 28/10/2016, 20:07 WIB
|
EditorBestari Kumala Dewi

KOMPAS.com - Orang-orang yang telah menderita dan mengalahkan kanker, akan bersedia melakukan apapun yang mereka bisa, untuk mencegah penyakit itu datang kembali. Itulah pola pikir yang mungkin harus diadopsi setiap orang, apakah mereka sudah menderita kanker atau tidak.

Untungnya, hampir semua tindakan yang dianjurkan untuk para penyintas kanker, berlaku juga bagi Anda yang tidak menderita kanker, kata Dwight McKee, MD, ahli onkologi, gizi, dan pengobatan integratif dan holistik ternama di AS.

Mulailah dengan strategi gaya hidup yang sederhana. Jangan hanya membacanya tapi berkomitmen untuk melakukannya seumur hidup.

1. Kelola Stres

Stres kronis akan menekan fungsi kekebalan tubuh dan menyebabkan peradangan. Peradangan ini ibarat seperti bahan bakar untuk kanker, kata Dr McKee. Kelola stres dengan berbagai cara, terserah mana yang Anda pilih, yoga, hiking, meditasi, atau lainnya.

"Kuncinya adalah menemukan teknik manajemen stres yang menyenangkan karena jika tidak menyenangkan, itu tidak akan berkelanjutan."

2. Hati-hati jamur

"Mikotoksin dan aflatoksin yang ditemukan dalam jamur adalah salah satu zat yang paling karsinogenik," kata Dr McKee.

Jika ada ruang lembapbkurang sinar matahari dan minim ventilasi, biasanya di situlah jamur tumbuh subur.

Bersihkan segera atau minta tolong jasa ahli pembersih jamur untuk menyingkirkannya. Kemudian, perbanyak ventilasi agar sinar matahari dan udara leluasa masuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.