Anak Susah Makan? Atasi dengan 7 Cara Ini

Kompas.com - 12/12/2019, 11:30 WIB
Anak menutup mulutnya karena kata kasar kdshuttermanAnak menutup mulutnya karena kata kasar

KOMPAS.com - Banyak orangtua pasti pernah mengalami masalah anak susah makan.

Ada orangtua yang mendapati sang anak terus menutup mulutnya saat didekatkan makanan. Sementara yang lain bisa jadi menemukan bayinya langsung mengibas sendok yang sedang disodorkan.

Melansir dari Kompas.com (02/11/2018), penelitian di Indonesia menunjukkan masalah makan dapat diklasifikasikan menjadi tiga, yakni inappropriate feeding practice, small eaters, dan parental misperception. Ini penjelasan ketiganya:

Baca juga: MPASI Rumahan Tidak Sama dengan MPASI Murahan

  • Inappropriate feeding practice adalahsebagai masalah makan yang disebabkan oleh perilaku makan yang salah ataupun pemberian makanan yang tidak sesuai dengan usia bayi.
  • Small eaters adalah terminologi yang dipakai untuk bayi dengan keluhan makan sedikit, sehingga status gizinya kurang.
  • Food preference adalah terminologi yang dipakai untuk mencakup keluhan pilih-pilih makan atau penolakan terhadap makanan tertentu.

“Ketiga masalah ini seringkali disepelekan dan perlu mendapatkan intervensi karena dapat
mempengaruhi asupan nutrisi dan kondisi kesehatan anak," kata dr Nur Aisiyah Widjaja, SpA(K) dalam keterangan pers Bicara Gizi yang dilakukan Nutricia Advanced Medical Nutrition, Selasa (30/10/2018).

Baca juga: Jangan Menyerah Hadapi Balita Susah Makan

Bagi orangtua yang masih mendapati masalah anak susah makan, janganlah keburu panik. Kami akan memberikan sejumlah tips dan trik.

Cara atasi anak susah makan

Melansir dari Buku Anti Panik Mengasuh Bayi 0-3 Tahun (2017) karya Tiga Generasi, ada beberapa cara memperkenalkan makanan pada anak.

Tiga generasi merupakan tim rumah konsultasi anak yang terdiri dari 11 orang. Mereka adalah gabungan psikolog, dokter gigi, dokter spesialis anak, praktisi pendidikan, praktisi anak, hingga ahli teknologi.

Salah satu penulisnya yakni dr. Wiyarti Pambudi, Sp.A, IBCLC yang sehari-hari beraktivitas sebagai dosen Ilmu Kesehatan Anak di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara. Ia juga aktif menjadi dokter anak di salah satu rumah sakit di DKI Jakarta.

Oleh mereka, dijelaskan ada 7 cara mengatasi anak susah makan yang patut dicoba. Penjelasannya sebagai berikut: 

1. Orangtua jadi contoh

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X