Benarkah Jambu Biji Bisa Obati Demam Berdarah?

Kompas.com - 25/01/2020, 06:03 WIB
Ilustrasi jambu biji Yamtono_SardiIlustrasi jambu biji

KOMPAS.com - Saat penyakit demam berdarah dengue (DBD) merebak, banyak orang berburu jambu bij.

Buah yang jamak ditemui di sejumlah pasar tradisional ini disebut dapat menjadi obat DBD.

Benarkah jambu biji bisa jadi obat demam berdarah dengue?

Baca juga: Selain Minum Jus Jambu, Ini 7 Cara Alami Naikkan Trombosit dengan Cepat

Melansir buku Tanaman Obat & Ramuan Tradisional untuk Mengatasi Demam Berdarah Dengue (2007) oleh Dra. Suharmiati, Msi.Apt. & dr. Lestari Handayani, M.Med (PH), jambu biji adalah tanaman yang punya manfaat kesehatan.

Pada 2003 lalu, dilakukan penelitian ekstrak daun jambu biji untuk pengobatan DBD oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bekerja sama dengan Fakultas Kedokteran dan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya.

Hasil riset menunjukkan, daun dan batang tanaman bernama latin Psidium guajava ini mengandung saponin, flavonoida, dan tanin.

Penelitian dikerjakan dengan uji preklinik untuk mengetahui kandungan daun jambu biji, uji toksisitas, sampai uji coba pada hewan.

Hasil penelitian menunjukkan daun jambu biji tua berkhasiat mengandung komponen yang berkhasiat mengatasi sejumlah gejala penyakit DBD.

Kelompok senyawa tanin dan flavonoid dalam ekstrak daun jambu biji efektif dapat menghambat pertumbuhan virus.

Baca juga: Demam Berdarah Dengue (DBD): Gejala, Penularan, dan Penanganan

Riset dengan model mencit lewat pemberian ekstrak daun jambu biji terbukti dapat menurunkan permeabilitas pembuluh darah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X