5 Penyebab Gatal di Kulit Kepala, Bukan Hanya Ketombe

Kompas.com - 07/02/2020, 10:07 WIB
Ilustrasi rambut diego_cervoIlustrasi rambut

KOMPAS.com - Kulit kepala yang gatal memang sangat menganggu. Sayangnya, banyak orang berpikir jika rasa gatal di kulit kepala selalu disebabkan oleh ketombe.

Padahal, banyak kondisi yang menyebabkan kulit kepala gatal, mulai dari ketombe hingga infeksi bakteri atau kondisi autoimun.

Untuk mencari penanganan yang tepat, kita harus mencari tahu penyebabnya. Melansir laman Cleveland Clinic, berikut lima hal yang membuat kulit kepala terasa gatal:

Baca juga: 7 Cara Alami Membasmi Ketombe yang Membandel

1. Ketombe dan dermatitis seboroik

Ketombe dan dermatitis seboroik adalah -penyebab paling umum gatal di kulit kepala. Menurut pakar dermatologi Melissa Piliang, hal tersebut terjadi karena respon radang tubuh Anda terhadap pertumbuhan ragi berlebihan yang menyebabkan gatal dan kulit kepala mengelupas.

"Ragi biasanya hidup di kulit kepala dan area berambut lainnya di tubuh, tetapi akan menyebabkan masalah ketika jumlah ragi terlalu banyak,” kata Dr. Piliang.

Untuk mengatasinya, kita bisa menggunakan sampo yang mengandung selenium atau seng pyrithione. Dua bahan tersebut membantu mengendalikan pertumbuhan ragi.

Untuk kasus yang lebih serius, kita mungkin memerlukan sampo dengan kandungan antijamur yang tinggi atau obat-batan khusus untuk membasmi ragi.

2. Psoriasis

Ini adalah penyakit autoimun kronis yang menyebabkan munculnya bercak-bercak kemerahan, ruam, dan sisik di kulit kepala.

Kondisi ini termasuk penyakit autoimun yang tidak diketahui secara pasti penyebabnya. Selain karena masalah sistem kekebalan tubuh, psoriasis biasanya muncul dipicu oleh berbagai faktor baik dari dalam diri maupun lingkungan.

Untuk mengatasinya, Dr. Piliang merekomendasikan sampo yang mengandung tar batubara atau asam salisilat untuk mengendalikan psoriasis kulit kepala.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X