Studi Buktikan Kurang Tidur Bikin Susah Menabung, Kok Bisa?

Kompas.com - 19/02/2020, 12:06 WIB
Ilustrasi tidur tengkurap Ilustrasi tidur tengkurap

KOMPAS.com - Bukan rahasia lagi bahwa tidur nyenyak adalah salah satu hal yang menjamin kesehatan kita.

Bahkan, riset dari Better Sleep Council juga menemukan bahwa tidur yang berkualitas dapat mempengaruhi kesehatan finansial kita.

Riset tersebut dilakukan di Amerika dan berhasil mengungkap fakta, mereka yang memiliki kualitas tidur terbaik adalah mereka yang memiliki perencanaan dan kenyamannan finansial.

Dengan kata lain, orang yang tidur nyeyak hampir dua kali lebih mungkin untuk secara teratur menabung guna keperluan di masa pensiun dan biaya medis yang tidak terduga.

Baca juga: Bangun Tidur Kok Malah Merasa Capek?

“Tidak mengherankan bahwa ada hubungan positif antara praktik keuangan yang baik dan tidur nyenyak," ucap Ed Coambs, ahli terapi keuangan di Matthews, North Carolina, melansir laman Healthline.

Menurutnya, mengelola keuangan adalah kegiatan perawatan diri yang penting.

Oleh karena itu, kita perlu memahami bagaimana cara mengatur pemasukan dan pengeluaran serta investasi.

"Kita dapat menghadapi masalah keuangan dengan lebih baik dan melihat kembali hal-hal dalam hidup yang mungkin tidak optimal sebagai pelajaran untuk menjadi pribadi lebih baik, tetapi kita harus memiliki tidur yang cukup untuk melakukan itu," tambahnya.

Melansir laman Business Insider, penelitian dari Duke University juga menemukan bahwa efek kurang tidur mirip dengan stres yang berdampak pada bagaimana cara seseorang mengelola keuangan mereka.

Dalam riset tersebut, peneliti menganalisis efek kurang tidur pada keputusan ekonomi seseorang.

Halaman:
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X