Kompas.com - 27/02/2020, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Sesekali merasa kesemutan di tangan dan kaki adalah hal biasa. Namun, kita harus mulai waspadai jika hal itu sering terjadi.

Ada banyak hal yang menyebabkan kita kesemutan. Biasanya, seseorang merasa kesemutan karena ketiduran di atas lengan sehingga tangan kesemutan atau terlalu lama menyilangkan kaki hingga kaki kesemutan.

Namun, hal itu bukan pertanda serius dan sensasi kesemutan bisa menghilang dengan sendirinya.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Saraf Kejepit Bisa Sebabkan Cedera Permanen

Di sisi lain, kesemutan terlalu sering juga bisa menunjukan adanya masalah kesehatan serius pada tubuh kita.

Dokter menjelaskan penyakit tipes bisa menyebabkan kematian. Namun, dengan pengobatan tepat dan cepat, penyakit ini mudah disembuhkan.

Melansir Mayo Clinic, berikut masalah kesehatan yang bisa membuat kita sering merasa kesemutan:

1. Penyakit autoimun

Beberapa penyakit autiomin seperti lupus, rheumatoid arthritis, sindrom Guillain Barre dapat menyebabkan sensasi kesemutan.

2. Diabetes

Sebagian besar penderita diabetes juga mengalami gangguan neuropati. Gangguan ini mengakibatkan penderitanya mengalami tangan atau kaki yang sering kesemutan.

Melansir SehatQ, kesemutan pada penderita diabetes dapat terasa dengan level sedang hingga parah, tergantung kerusakan yang terjadi pada sistem saraf akibat penyakit tersebut.

3. Infeksi

Beberapa penyakit karena inveksi virus atau bakteri sepertipenyakit Lyme, herpes zoster, virus Epstein-Barr, hepatitis B dan C, kusta, difteri, dan HIV, bisa membuat penderitanya sering mengalami sensasi kesemutan.

4. Tumor

Pertumbuhann tumor ganas dan jinak dapat berkembang pada saraf dan membuat saraf tersebut tertekan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.