Berbagai Penyakit Akibat Malas Gosok Gigi dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 29/09/2020, 18:00 WIB
Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi. Ilustrasi menyikat gigi untuk menjaga kesehatan gigi.

KOMPAS.com - Menggosok gigi menjadi rutinitas rutin banyak orang. Bukan sekadar membuat napas segar, menggosok gigi sebaik mungkin juga membantu kita terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Malas menggosok gigi juga bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. 

Apa saja gangguan kesehatan akibat malas gosok gigi dan bagaimana cara mencegahnya?

Baca juga: Cegah Masalah Pencernaan dengan 5 Cara Berikut

Efek malas gosok gigi

Menghimpun data Bussiner Insider, berikut gangguan kesehatan akibat malas gosok gigi:

1. Gingivitis

Gingivitis adalah penyakit yang membuat gusi merah, bengkak dan berdarah. Kondisi ini disebabkan oleh peradangan karena infeksi bakteri.

2. Gigi patah

Malas menggosok gigi akan memicu lubang dan penyakit gusi. Lambat laun, hal ini akan membuat gigi patah dan tidak bisa kembali tumbuh.

3. Bau mulut

Bau mulut seringkali disebabkan oleh kebersihan mulut yang buruk. Pasalnya, partikel makanan yang tertinggal di dalam mulut bisa membusuk dan memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X