Kompas.com - 09/10/2020, 10:45 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Selain meminta bantuan ahli kesehatan mental, depresi dan anxiety (kecemasan) nampaknya bisa kita redam dengan mengatur pola makan.

Hal tersebut telah dibuktikan oleh Cami Martin, yang berprofesi sebagai health education director di Nedlye Health Solutions, layanan kesehatan mental yang berbasis di Oklahoma.

Martin membagikan pengalamannya selama menjalani pola makan vegetarian dalam sebuah laman depressionthewayout.com.

Martin mengatakan pola makan vegan yang ia jalani berhasil membawa pengaruh positif untuk kesehatan mentalnya hanya dalam tujuh hari.

"Saya menyadari pola makan yang saya jalani telah memengaruhi kesehatan mental saya dan cara kerja otak saya," ucapnya.

Hanya dalam tujuh hari menerapkan pola makan vegan, Martin merasa suasana hatinya bertambah positif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia juga merasa penuh energi, lebih fokus pada masa kini (mindfulness), dan lebih mampu mengendalikan pikiran serta perilakunya.

Apa yang dirasakan oleh Martin juga dialami oleh wanita bernama Jane Green. Saat berusia 14 tahun ia terdiagnosis mengalami pannick attack.

Baca juga: Sering Lupa dan Bingung Bisa Jadi Tanda Depresi, Kok Bisa?

Setelah bertahun-tahun berjuang dengan gangguan mental yang dialaminya, ia bertemu dengan ahli gizi Autumn Bates yang berhasil membawa perubahan besar dalam hidupnya, tepat saat ia berusia 23 tahun.

Bates yang berprofesi sebagai ahli nutrisi juga pernah berjuang megalahkan gangguan kecemasan. Ia menang berkat mengatur kembali pola makan yang dijalaninya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X