11 Faktor Risiko Kanker Hati yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 13/10/2020, 13:31 WIB
Ilustrasi obesitas ShuterstockIlustrasi obesitas

KOMPAS.com - Faktor risiko adalah segala sesuatu yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit, termasuk kanker.

Kanker dengan jenis berbeda memiliki faktor risiko yang berbeda pula.

Beberapa faktor risiko, seperti merokok, dapat diubah.

Baca juga: 12 Gejala Kanker Hati yang Perlu Diwaspadai

Sedangkan lainnya, seperti usia seseorang atau riwayat keluarga tidak dapat diubah.

Namun, memiliki faktor risiko atau bahkan beberapa faktor risiko, tidak berarti seseorang pasti akan terkena penyakit tersebut.

Bahkan sebaliknya, beberapa orang yang terkena suatu penyakit bisa jadi hanya memiliki sedikit atau tidak ada faktor risiko yang diketahui.

Faktor yang dapat meningkatkan risiko kanker hati

Melansir American Cancer Society, terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena penyakit kanker hati (karsinoma hepatoseluler).

Berikut ini adalah beberapa faktor risiko penyebab kanker hati yang patut diwaspadai:

1. Mengalami infeksi kronis virus hepatitis

Di seluruh dunia, faktor risiko kanker hati yang paling umum adalah infeksi kronis (jangka panjang) dengan virus hepatitis B (HBV) atau virus hepatitis C (HCV).

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X