Kompas.com - 26/11/2020, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami kaki menjadi terasa dingin? Kaki terasa dingin merupakan peristiwa yang umum terjadi pada banyak kasus, terutama jika cuaca dingin.

Pada kondisi normal, kaki dingin adalah respons normal tubuh terhadap suhu. Cara mudah untuk mengatasi kaki dingin akibat cuaca adalah mengenakan kaus kaki tambahan.

Baca juga: Gangguan Kaki Pada Penderita Diabetes dan Cara Mencegahnya

Namun, kadang kala kaki dingin juga disebabkan oleh kondisi medis serius yang memerlukan perawatan lebih lanjut.

Beberapa kondisi medis yang dapat menyebabkan kaki dingin di antaranya:

1. Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah suatu kondisi yang menyebabkan timbunan lemak di arteri dan mencegah aliran darah yang cukup ke kaki. Dengan kata lain, kondisi ini menyebabkan sirkulasi yang buruk.

Padahal, ketika tidak cukup banyak darah yang mengalir ke kaki akan menyebabkan kaki menjadi dingin bahkan terkadang nyeri.

Beberapa faktor risiko aterosklerosis, seperti:

  • Merokok
  • Tekanan darah tinggi
  • Kolesterol Tinggi
  • Usia tua

2. Diabetes

Diabetes juga dapat menyebabkan kaki menjadi dingin. Ada beberapa alasan mengapa diabetes dapat menyebabkan kaki dingin terus-menerus.

Pertama, neuropati diabetes. Meskipun diabetes itu sendiri mungkin tidak menyebabkan kaki dingin, beberapa orang dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 mengalami kerusakan saraf, atau neuropati, di kaki mereka.

Baca juga: Kaki dan Tangan Sering Kesemutan Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Kerusakan saraf ini dapat mengganggu saraf yang mendeteksi suhu di kaki sehingga menimbulkan sensasi yang tidak menyenangkan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.