Kompas.com - 16/01/2021, 10:10 WIB

KOMPAS.com - Suplemen vitamin dan mineral adalah asupan gizi penunjang yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh saat digunakan dengan tepat.

Selama ini banyak orang salah kaprah dalam mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

Mereka hanya mengandalkan asupan suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizinya. Hal itu keliru.

Baca juga: Hati-hati, Konsumsi Vitamin Dosis Tinggi Bisa Berbahaya bagi Tubuh

Melansir American Heart Association, suplemen memang dapat memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Tapi, kunci keberhasilan pemenuhan kebutuhan vitamin dan mineral setiap hari terletak pada pola makan bergizi lengkap dan seimbang.

Ahli gizi lebih merekomendasikan makanan sehat ketimbang suplemen karena makanan mengandung beberapa jenis vitamin, mineral, sekaligus serat yang tidak ditemukan dalam suplemen.

Selain itu, terkadang penyerapan vitamin dan mineral suplemen tidak bisa optimal, karena cara mengonsumsinya kurang tepat.

Meskipun pola makan bergizi lengkap dan seimbang adalah sumber vitamin dan mineral terbaik, kondisi kesehatan tertentu memerlukan tambahan suplemen.

Kendati sudah mengonsumsi suplemen, orang yang minum asupan vitamin dan mineral tambahan tersebut tetap perlu menjalankan pola makan bergizi lengkap dan seimbang.

Baca juga: 13 Jenis Vitamin untuk Menjaga Tubuh Agar Tetap Sehat

Gunakan suplemen vitamin dan mineral tertentu saat dokter telah merekomendasikannya. Selain itu, perhatikan beberapa aturan minum suplemen vitamin dan mineral berikut:

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.