6 Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing dengan Obat dan Secara Alami

Kompas.com - 16/01/2021, 14:14 WIB
Ilustrasi infeksi saluran kencing Ilustrasi infeksi saluran kencing

KOMPAS.com - Infeksi saluran kencing adalah penyakit yang pantang diabaikan karena berisiko menimbulkan komplikasi serius.

Melansir Healthline, infeksi saluran kencing adalah infeksi kuman yang menyerang bagian saluran kencing seperti ginjal, ureter, sampai kandung kemih.

Penyebab infeksi saluran kencing paling umum adalah bakteri Escherichia coli dan Staphylococcus saprophyticus. Namun, ada juga infeksi yang disebabkan jamur dan virus.

Baca juga: 9 Penyebab Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Saat terinfeksi kuman biang penyakit ini, penderita bisa merasakan gejala infeksi saluran kencing seperti:

  • Buang air kecil terasa panas atau menyakitkan
  • Sering kencing
  • Urine keruh atau berwarna gelap
  • Urine berbau tak sedap
  • Anyang-anyangan
  • Nyeri panggul

Infeksi saluran kencing dapat menyerang siapa saja. Namun, wanita lebih rentan terkena penyakit ini. Berikut beberapa cara mengobati infeksi saluran kencing:

1. Minum obat sampai tuntas

Melansir Mayo Clinic, dokter umumnya meresepkan antibiotik setelah mengetahui dengan pasti penyebab infeksi saluran kencing berasal dari infeksi bakteri.

Gejala penyakit umumnya sudah menghilang selang beberapa hari setelah obat antibiotik untuk infeksi saluran kencing rutin diminum.

Namun, pastikan penderita menghabiskan atau merampungkan pengobatan antibiotik sesuai petunjuk dokter sampai tuntas. Tujuannya untuk mencegah bakteri kebal obat di kemudian hari.

Hindari sembarangan minum obat antibiotik tanpa pengawasan atau petunjuk dari dokter.

Selain obat antibiotik, dokter juga jamak meresepkan obat pereda nyeri untuk menghilangkan rasa sakit penderita.

Baca juga: 7 Penyakit yang Mengintai Sistem Reproduksi Wanita

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X