11 Makanan Penyebab Heartburn yang Perlu Diwaspadai

Kompas.com - 25/01/2021, 10:08 WIB
Ilustrasi asam lambung, GERD shutterstockIlustrasi asam lambung, GERD

KOMPAS.com - Ketidaknyamanan yang membakar di dada atau tenggorokan Anda mungkin tidak ada hubungannya dengan jantung Anda.

Kondisi ini bisa terjadi ketika asam lambung naik atau refluks asam lambung, dan mengiritasi kerongkongan (esofagus) Anda.

Biasanya, asam lambung tidak dapat keluar ke kerongkongan karena adanya penghalang yang disebut sfingter esofagus bagian bawah.

Baca juga: 11 Cara Mengatasi Heartburn Secara Alami dan dengan Bantuan Obat

Sfingter esofagus adalah otot seperti cincin yang secara alami tetap tertutup dan biasanya hanya terbuka saat Anda menelan atau bersendawa.

Namun, pada penderita refluks asam lambung lambung, otot ini sering kali melemah. Inilah salah satu alasan mengapa orang dengan refluks asam lambung mengalami heartburn.

Diet memainkan peran penting dalam heartburn.

Banyak makanan dapat mengendurkan sfingter esofagus bagian bawah, yang memungkinkan makanan keluar atau naik ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn.

Berikut ini adalah beragam makanan penyebab asam lambung naik yang bisa memengaruhi sebagian orang:

1. Makanan tinggi lemak

Melansir Health Line, makanan tinggi lemak dapat menyebabkan heartburn.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X