Kompas.com - 28/03/2021, 14:01 WIB
Ilustrasi penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) yang disebabkan konsumsi garam berlebihan. SHUTTERSTOCK/NIKCOAIlustrasi penyakit hipertensi (tekanan darah tinggi) yang disebabkan konsumsi garam berlebihan.

KOMPAS.com - Hipertensi atau darah tinggi adalah kondisi saat tekanan darah berada di atas kisaran normal 130/80 mmHg.

Seseorang dikatakan memiliki penyakit darah tinggi apabila hasil cek tensinya tiga kali berturut di atas ambang batas normal dalam rentang waktu tiga bulan.

Bagi kebanyakan orang, penyebab darah tinggi tidak tunggal atau berasal dari beberapa faktor risiko yang bisa dikendalikan. Berikut beberapa di antaranya:

Baca juga: 9 Makanan yang Perlu Dihindari Penderita Darah Tinggi

1. Merokok

Dilansir dari Heart Foundation, merokok atau menghisap vape yang mengandung nikotin adalah salah satu faktor yang memengaruhi tekanan darah.

Nikotin yang terisap ke dalam tubuh dapat membuat tekanan darah melonjak.

Apabila tidak dikendalikan, kondisi ini lambat laun bisa merusak pembuluh darah arteri. Dampaknya, seseorang lebih berisiko terkena serangan jantung atau stroke.

Apabila penderita darah tinggi saat ini masih merokok atau menghisap vape yang mengandung nikotin, segara berhenti.

Ikuti program setop kecanduan nikotin yang disediakan pemerintah secara gratis di sejumlah layanan kesehatan.

Baca juga: 2 Posisi Tidur saat Darah Tinggi Kambuh

2. Konsumsi garam dan makanan instan berlebihan

Konsumsi makanan yang tinggi garam atau makanan instan juga bisa jadi penyebab darah tinggi.

Makanan olahan, instan, dan siap saji umumnya tinggi garam. Konsumsi garam berlebihan membuat tubuh menyimpan air lebih banyak.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X