Kompas.com - 27/04/2021, 10:01 WIB
Ilustrasi sakit punggung karena mengangkat barang AntonioGuillemIlustrasi sakit punggung karena mengangkat barang

KOMPAS.com - Banyak hal bisa jadi penyebab punggung sakit yang membuat tubuh tidak nyaman atau mengganggu aktivitas sehari-hari.

Gejala punggung sakit bisa datang secara tiba-tiba di salah satu bagian tubuh; seperti di sebelah kiri, kanan, atas, bawah.

Rasa sakit di punggung dapat berasal dari bagian tulang, persendian, ligamen, sampai otot.

Baca juga: Sakit Punggung Bisa Jadi Ciri-ciri TBC Tulang

Berikut beberapa penyebab punggung sakit yang umum beserta gejala penyertanya:

1. Otot atau tendon tertarik

Dilansir dari Reid Health, otot sampai bagian tendon bisa tertarik karena mengangkat beban berat sampai salah posisi tidur.

Akibatnya, bagian punggung yang memiliki banyak otot atau tendon dapat menegang sampai keseleo.

Selain rasa nyeri, gejala otot atau tendon tertarik terkadang dapat membuat penderitanya sesak dan kejang.

2. Peradangan

Tak hanya cedera yang berdampak langsung ke bagian otot atau ligamen, peradangan terkadang juga bisa menyebabkan punggung terasa sakit.

Peradangan sebenarnya adalah bagian dari respons kekebalan tubuh alami. Kondisi ini bisa menyebabkan sejumlah bagian tubuh terasa panas, nyeri, dan tidak nyaman.

Apabila peradangan berlanjut dan tak kunjung diatasi, cedera atau penyakit biang peradangan bisa memicu sakit punggung parah sampai ke tulang belakang.

Baca juga: Sakit Punggung Bisa Jadi Gejala Penyakit Apa?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X