Kompas.com - 20/06/2021, 06:00 WIB
Pada penyakit kuning, putih mata akan menjadi kuning shutterstock.comPada penyakit kuning, putih mata akan menjadi kuning

KOMPAS.com – Ada beragam kondisi yang bisa menjadi penyebab penyakit kuning atau jaundice.

Penyakit kuning adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan adanya perubahan warna kekuningan pada kulit dan bagian putih mata. Cairan tubuh juga bisa berubah warna menjadi kuning akibat penyakit ini.

Dilansir dari Medical News Today, perubahan warna kuning pada kulit dan putih mata akibat penyakit kuning bisa bervariasi pada masing-masing penderita, tergantung pada kadar bilirubin.

Baca juga: 18 Gejala Penyakit Kuning yang Perlu Dikenali

Kadar bilirubin sedang bisa menyebabkan warna kuning pada kulit dan putih mata, sedangkan tingkat sangat tinggi akan tampak cokelat.

Bilirubin adalah bahan limbah yang ditemukan di sel darah merah. Ketika sel-sel itu mati, hati akan menyaringnya dari aliran darah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tetapi, jika ada sesuatu yang salah dan organ hati tidak dapat menyesuaikan, bilirubin bisa menumpuk hingga menyebabkan kulit terlihat kuning.

Penyebab penyakit kuning

Penyakit kuning pada umumnya ditemukan pada bayi baru lahir. Tapi, penyakit ini tetap saja dapat terjadi pada orang dari segala usia.

Jika terjadi pada orang dewasa, penyakit kuning biasanya menunjukkan adanya masalah pada organ hati, darah, atau saluran empedu.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab penyakit kuning pada orang dewasa:

1. Hepatitis

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X