Kompas.com - 20/06/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi masalah pencernaan shutterstockIlustrasi masalah pencernaan

KOMPAS.com - Perut “keroncongan “ biasanya terjadi saat seseorang sedang dalam kondisi lapar atau perut sudah lama tidak terisi makanan.

Namun, sesekali kita juga dapat mendengarkan perut mengeluarkan bunyi seperti gemercik air setelah makan.

Dalam dunia kesehatan, bunyi yang terasa keluar dari perut ini disebut dengan borborygmi.

Baca juga: Kenapa Jadi Sering Kencing setelah Minum Air Putih?

Jangan khawatir, perut bunyi setelah makan ketika muncul sesekali umumnya normal.

Kamu baru perlu waspada jika kondisi ini terjadi terus-terusan dan disertai gejala lainnya. Hal itu bisa jadi tanda suatu penyakit.

Kenapa perut bunyi setelah makan?

Dilansir dari Medical News Today, bunyi yang berasal dari perut setelah makan sebenarnya muncul dari usus. Alasan kenapa perut bunyi setelah makan berasal dari proses pencernaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Proses ini bisa sedikit berisik lantaran ada kontraksi otot, pembentukan gas, serta pergerakan makanan dan cairan di sepanjang usus.

Orang biasanya mendengar bunyi seperti gemercik air atau gemuruh ketika makanan mulai keluar dari lambung dan masuk usus kecil.

Hal itu dipengaruhi kinerja usus kecil yang menggunakan gerakan peristaltik atau kontraksi otot untuk menggerakkan makanan.

Begitu makanan meninggalkan usus kecil, asupan akan masuk ke usus besar. Perut bunyi seperti gemercik air bisa berlanjut ketika usus menyerap air dan nutrisi sembari terus mendorong makanan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X