Kompas.com - 09/02/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Alzheimer adalah gangguan otak yang menurunkan kemampuan belajar, berpikir, mengingat, dan melakukan aktivitas sehari-hari.

Hingga saat ini, belum ada obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini.

Namun, kita bisa melakukan langkah pencegahan untuk mengurangi risiko alzheimer.

Baca juga: Penyakit Jantung Koroner

Mencegah alzheimer

Menurut data Cleveland Clinic, hampir 40 persen kasus alzheimer bisa dicegak melalui perbaikan gaya hidup.Berikut cara mencegah alzheimer:

1. Cari pengobatan untuk tekanan darah tinggi dan diabetes

Ketika Anda menderita diabetes, tubuh Anda membangun resistensi terhadap insulin (hormon yang membantu mengontrol gula darah Anda).

Resistensi insulin bisa memicu peradangan, yang memicu penumpukan protein di otak. Hal inilah yang turut menganggua fungsi otak.

Tekanan darah tinggi (hipertensi) juga bisa meningkatkan risiko Alzheimer karena dapat memengaruhi aliran darah yang diperlukan agar bagian-bagian otak berfungsi optimal.

Jika Anda terdiagnosis kedua penyakit tersebut, segera lakukan pengobatan untuk mencegah risiko alzheimer.

2. Rutin olahraga

Selain meningkatkan kesehatan jantung dan otak, aktivitas fisik secara teratur baik untuk meningkatkan suasana hati dan mengendalikan stres.

Olahraga interval intensitas tinggi (atau HIIT) meningkatkan kadar protein spesifik yang mendorong pertumbuhan sel otak.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.