Kompas.com - 08/03/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Menyusui adalah momen istimewa yang terkadan di selipi oleh "drama" tertentu, salah satunya pembengkakan di payudara atau mastitis.

Mastitis juga bisa memicu sensari terbakar pada payudara, sekaligus menyebabkan payudara mengeras, merah, dan hantat saat disentuh.

Yah, mastitis adalah suatu kondisi di mana jaringan payudara wanita menjadi bengkak atau meradang secara tidak normal.

Hal ini biasanya disebabkan oleh infeksi pada saluran payudara dan sering terjadi pada wanita yang menyusui secara ekslusif.

Seiring perkembangannya, mastitis dapat menyebabkan pembentukan abses payudara.

Baca juga: Dermatitis Kontak

Penyebab mastitis

mastitis terjadi karena ada air susu yang terperangkap atau menyumbat saluran pembawa ASI yang mengarah ke kelenjar susu lalu ke puting.

Penumpukan air susu tersebut bisa memicu infeksi. mastitis rentan terjadi ketika payudara tidak sepenuhnya kosong, biasanya karena bayi tidak menempel dengan benar atau lebih memilih satu payudara daripada yang lain.

Seorang wanita yang menyusui juga bisa terkena mastitis jika bakteri, biasanya dari mulut bayi, masuk ke saluran di payudara melalui celah di puting atau areola.

“Siapa pun yang pernah mengalami trauma atau lecet pada puting rentan mengalami mastitis dan radang payudara,” kata ahli bedah payudara Ashley Simpson.

Selain itu, wanita yang merokok atau penderita diabetes bisa sangat rentan terhadap infeksi payudara.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.