Kompas.com - 15/06/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah cara sederhana dapat dilakukan untuk memperlancar buang air besar (BAB), seperti dari perbanyak minum air dan minum kopi berkafein.

Buang air besar (BAB) tidak lancar atau sembelit mungkin terlihat sepele, tetapi sebenarnya bisa jadi sangat tidak nyaman dan berbahaya.

Mengutip Medical News Today, sering sembelit dan tidak diatasi nantinya bisa memicu komplikasi yang menggangu fungsi kesehatan lainnya, seperti:

  • Fisura anus
  • Wasir
  • Impaksi tinja
  • Prolaps rektum

Sehingga, penting untuk kita menjaga kelancaran BAB dan beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan di rumah meliputi:

Baca juga: 8 Penyebab BAB Keras dan Cara Mengatasinya

1. Minum air dengan cukup

Mengutip Medical News Today, minum cukup air terutama yang hangat, dapat membantu memperlancar BAB, mencegah dan mengobati sembelit.

Cara sederhana ini dapat membantu memudahkan makanan melewati sistem pencernaan dan menghentikan tinja Anda tidak mengeras.

Gejala sembelit penting dikenali untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin gangguan pencernaan ini.

Kementerian Kesehatan telah menganjurkan untuk orang dewasa secara umum minum air sebanyak 8 gelas berukuran 230 ml per hari atau total 2 liter.

Jika Anda mengalami sembelit, disarankan untuk minum lebih banyak dari 2 liter sehari untuk memperlancar BAB.

Konsumsi minum air bisa dikombinasikan dengan air putih, teh, kopi, atau minuman lainnya yang memberikan sifat hidrasi pada tubuh (tidak alkohol).

Baca juga: Apakah Batu Empedu Bisa Keluar Lewat BAB?

2. Minum kopi berkafein

Mengutip Medical News Today, mengkonsumsi kopi dapat menjadi cara sederhana yang membantu memperlancar BAB karena sifatnya bisa merangsang otot-toto pada sistem pencernaan.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.