Kompas.com - 22/06/2022, 17:01 WIB

KOMPAS.com - Sejumlah pakar menganjurkan orang yang berisiko tinggi ketika terkena Covid-19 tetap memakai masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Kelompok rentan yang dimaksud di antaranya komorbid (orang dengan penyakit penyerta kronis), orang dengan gangguan kekebalan tubuh, kalangan lansia, ibu hamil, anak-anak, dan orang yang divaksin Covid-19.

Imbauan beberapa ini dikeluarkan seiring meningkatkan penularan virus corona varian Omicron BA.4 dan BA.5.

Baca juga: Cara Menuju Endemi Covid-19: Protokol Kesehatan Perlu Ketat Diterapkan

Seperti diketahui, sejak pertengahan Mei 2022 lalu, pemerintah menerbitkan kebijakan pelonggaran protokol kesehatan masyarakat boleh tidak menggunakan masker di luar ruangan.

Guru Besar Fakultas Kedokteran UI Prof. Tjandra Yoga Aditama menyampaikan, setiap orang diminta lebih bijak menakar risiko penularan Covid-19, termasuk kapan perlu memakai dan melepas masker ketika beraktivitas di luar rumah.

“Lansia, komorbid, gangguan imunologis, ibu hamil, dan anak-anak sebaiknya tetap pakai masker di luar ruangan. Juga, kalau ada kerumunan dengan risiko penularan yang besar, sebaiknya pakai masker," kata dia, seperti dilansir Antara, Rabu (22/6/2022).

Mantan Direktur Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) Asia Tenggara itu, masyarakat perlu lebih cermati menyikapi aturan pelonggaran masker di luar ruangan.

Aturan tersebut tidak menyebutkan masyarakat bebas melepas masker saat beraktivitas di luar ruangan.

Namun, ketika situasi risiko penularan Covid-19 meningkat, berada di tengah-tengah kerumunan, atau sulit menjaga jarak dengan orang lain, masyarakat tetap dianjurkan memakai masker dengan benar.

Baca juga: Ikatan Dokter Indonesia Tegaskan Masih Perlu Pakai Masker

Cabut pelonggaran kebijakan masker di ruang terbuka

Sementara itu, Satgas Waspada dan Siaga Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Erlina Burhan merekomendasikan pemerintah mencabut kebijakan pelonggaran masker di ruang terbuka, seiring peningkatan kasus Covid-19 beberapa hari terakhir.

Halaman:
Sumber Antara

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.