Kompas.com - 10/08/2022, 13:37 WIB

KOMPAS.com - Aktivitas sehari-hari yang dilakukan manusia, seperti bekerja, mengasuh anak, membersihkan rumah, hingga hidup bersosial dapat menyebabkan stres.

Stres adalah reaksi seseorang baik secara fisik maupun emosional (mental atau psikis) yang terjadi apabila ada perubahan dari lingkungan yang mengharuskan seseorang menyesuaikan diri.

Stres merupakan bagian alami dan penting dari kehidupan, tetapi apabila berat dan berlangsung lama dapat merusak kesehatan kita.

Baca juga: 3 Cara Atasi Emotional Eating, Makan Berlebihan saat Stres

Stres dalam kehidupan sehari-hari yang menumpuk dan tidak diatasi dapat menyebabkan masalah kesehatan, mulai dari penuaan dini, masalah jantung, stroke, hingga kecacatan jangka panjang.

Untuk mencegah stres, ada baiknya mengetahui beberapa fakta bagaimana kondisi mental tersebut dapat memengaruhi kondisi manusia

1. Membuat orang susah mengendalikan emosi

Bukan rahasia lagi bahwa orang yang stres bisa lepas kendali atau sulit mengendalikan emosi. Mereka biasanya juga susah ditenangkan karena diliputi rasa takut dan kecemasan.

2. Memicu penyakit

Beberapa orang mungkin lebih berisiko terhadap penyakit tertentu. Stres kronis dapat menjadi 'jalur' masuknya penyakit.

Stres sering dikaitkan dengan penyakit mematikan seperti kanker, jantung, dan paru-paru. Orang stres juga dapat mengalami kecelakaan fatal dan memutuskan bunuh diri.

Para peneliti di Universitas Johns Hopkins juga menemukan bahwa anak-anak yang terpapar stres kronis berisiko besar alami penyakit mental, terlebih jika mereka memiliki kecenderungan genetik.

Baca juga: Hubungan Stres, Hipertensi, dan Kadar Gula Darah

3. Mempengaruhi kehidupan di ranjang

Beberapa orang mungkin tahu bahwa hubungan seks efektif untuk mengatasi stres. Namun, sebelum menyalurkan hasrat seks, Anda bisa saja kehilangan gairah karena stres.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.