Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2022, 16:33 WIB
Ria Apriani Kusumastuti,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Minum teh di sore hari merupakan aktivitas yang sangat menenangkan dan menyenangkan.

Apalagi sekarang ini ada banyak sekali jenis teh yang bisa dibuat dengan mudah di rumah, mulai dari teh hijau, teh oolong, dan lain sebagainya.

Teh sudah dipercaya memiliki banyak kegunaan bagi kesehatan sejak dulu sehingga banyak digunakan sebagai salah satu alternatif pengobatan tradisional di beberapa negara di Asia.

Melansir WebMD, teh mengandung banyak nutrisi yang berguna untuk membantu tubuh dalam melawan penyakit jantung dan diabetes.

Baca juga: Teh Hijau Bisa Bikin Kurus, Asal...

Tetapi ternyata, banyak juga yang percaya bahwa ada beberapa jenis teh untuk menurunkan berat badan.

Meskipun begitu, tidak semua jenis teh dipercaya bisa membantu dalam menurunkan berat badan karena masing-masing teh memiliki kandungan yang berbeda.

Apa saja jenis teh tersebut dan apakah bisa membantu dalam menurunkan berat badan?

1. Teh hijau

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang umumnya dipercaya bisa membantu proses diet.

Menurut Healthline, teh hijau memiliki kandungan yang berguna dalam mengurangi lemak di dalam tubuh, seperti kafein dan antioksidan.

Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, namun jumlah kafein yang dikandung oleh teh hijau bisa membantu pembakaran lemak.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh ahli dari Universitas Khon Kaen yang dimuat pada Jurnal Physiology & Behavior pada tahun 2008, teh hijau terbukti efektif dalam menurunkan berat badan pada orang yang menderita obesitas.

Pada penelitian tersebut, 60 orang yang menderita obesitas diminta untuk minum teh hijau secara rutin dan pada akhir penelitian, ditemukan bahwa ada penurunan berat badan sekitar 3,3 kilogram.

Baca juga: Mana yang Lebih Sehat, Minum Teh atau Kopi?

2. Teh pu-erh

Teh pu-erh adalah teh hitam tradisional dari Cina yang telah difermentasikan sehingga memiliki aroma yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis teh lainnya.

Penelitian mengenai efektifitas teh pu-erh untuk menurunkan berat badan dilakukan oleh ahli dari Taiwan dan diterbitkan di Food & Function Journal pada tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan tikus sebagai objek penelitian dan hasilnya menunjukkan bahwa meminum teh pu-erh bisa membantu program diet.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com