Kompas.com - 08/09/2022, 22:00 WIB

KOMPAS.com - Diabetes bisa menyerang siapa saja dan tingkat kematian karena diabetes sendiri cukup tinggi.

Menurut data dari P2PTM Kemenkes RI, di Indonesia sendiri, kematian akibat diabetes menempati urutan nomor 3 pada tahun 2014.

Jumlah penderita diabetes sendiri terus meningkat setiap tahunnya dan menurut data dari WHO, sekitar 422 juta orang di dunia menderita diabetes.

Baca juga: Mengetahui dan Mempertahankan Level Gula Darah Normal

Kompas TV Simak jawaban selengkapnya dari Prof. Hindra Irawan Satari, Ketua Komnas Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) dalam tayangan berikut ini.

 

Healthline menjelaskan bahwa diabetes yang tidak dikontrol dengan baik akan menyebabkan komplikasi yang serius, seperti kebutaan, gagal ginjal, penyakit jantung, dan beberapa kondisi serius lainnya.

Meskipun diabetes tidak bisa disembuhkan secara total, namun ada beberapa cara untuk menurunkan risiko komplikasi diabetes.

1. Mengurangi konsumsi karbohidrat

Melansir Healthline, karbohidrat di dalam tubuh akan dipecah ke dalam molekul gula yang yang kecil yang kemudian akan diserap oleh aliran darah.

Akibatnya, gula darah naik dan memicu pankreas untuk memproduksi insulin yang merupakan hormon untuk membantu gula untuk bergerak dari aliran darah ke sel tubuh.

Orang dengan diabetes akan memiliki sel tubuh yang menolak insulin sehingga gula darah tetap tinggi.

Namun, pankreas tetap memproduksi insulin sehingga tubuh memiliki level gula serta insulin yang tinggi dan kondisi ini menyebabkan diabetes tipe 2.

Untuk itu, Healthline menyarankan untuk mengurangi asupan karbohidrat dan memilih makanan yang tinggi serat, seperti buah dan sayur, biji-bijian, serta produk olahan susu.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.