Kompas.com - 19/09/2022, 06:00 WIB

KOMPAS.com - Kanker payudara adalah penyakit yang kompleks.

Sampai saat ini, masih belum diketahui pasti apa yang membuat sel-sel normal tumbuh di luar kendali dan berkembang biak hingga menjadi kanker.

Para peneliti menduga bahwa a faktor risiko hormonal, genetik, gaya hidup, dan lingkungan tertentu meningkatkan kemungkinan kanker payudara.

Namun, orang yang tidak memiliki faktor risiko kanker payudara juga masih berpotensi mengalami penyakit tersebut.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Terlalu Sering Duduk?

Penyebab kanker payudara

Sederhananya, kanker payudara terjadi ketika sel-sel payudara tumbuh secara tidak normal.
Para peneliti mengaitkan perubahan sel ini dengan interaksi rumit antara faktor genetik dan lingkungan, meskipun penyebab pasien kanker payudara tetap tidak diketahui.

Saat sel-sel abnormal membelah, menumpuk menjadi massa atau benjolan dan juga dapat menyebar (bermetastasis) ke bagian lain dari tubuh, seperti kelenjar getah bening.

Sebagian besar kanker payudara pada wanita dan pria dimulai di saluran yang menghasilkan susu, hal ini disebut karsinoma duktal invasif.

Kanker payudara juga bisa berawal dari sel jaringan payudara lainnya, termasuk jaringan kelenjar yang disebut lobulus; ini disebut karsinoma lobular invasif.

Mutasi gen juga berperan dalam hal ini. Para peneliti memperkirakan bahwa antara lima persen hingga 10 persen dari semua kanker payudara terjadi karena mutasi gen yang diwariskan, yang diturunkan dari generasi ke generasi melalui DNA.

Dan meskipun ada banyak mutasi gen herediter yang meningkatkan risiko kanker payudara, dua yang paling terkenal adalah BRCA1 dan BRCA2.

Halaman:
Sumber Health

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.