Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Cara Alami Mengatasi Lelah Berkepanjangan

Kompas.com - 18/09/2022, 16:33 WIB
Elizabeth Ayudya Ratna Rininta

Penulis

KOMPAS.com - Merasa lelah adalah kondisi wajar yang dialami semua orang. Namun, lelah berkepanjangan tentu menyebabkan ketidaknyamanan karena tubuh tak mampu berfungsi secara optimal.

Aktivitas padat sepanjang hari membuat tubuh merasa lelah. Umumnya, rasa lelah akan hilang dan kembali bugar setelah beristirahat dan mencukupi nutrisi yang diperlukan tubuh.

Namun, tubuh manusia bisa saja mengalami lelah berkepanjangan atau lelah kronis yang tak kunjung mereda. Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa hal, antara lain:

  • kurang tidur
  • malnutrisi
  • rinitas alergi atau gangguan kesehatan akibat alergi tertentu
  • anemia
  • depresi
  • diabetes
  • penyakit jantung

Baca juga: 7 Hal yang Membut Anda Mudah Merasa Lelah

Melansir Healthline, lelah berkepanjangan ternyata dapat diatasi secara alami yaitu dengan mengubah gaya hidup. Berikut 8 cara yang dapat Anda terapkan untuk mengatasi lelah kronis.

1. Konsumsi makanan bergizi seimbang

Salah satu alasan untuk mengikuti diet yang sehat dan seimbang adalah meningkatkan energi tubuh.

Ketika tubuh memiliki energi cukup atau lebih, maka kita akan bergairah dalam melakukan berbagai aktivitas dan tidak mudah lelah.

Pastikan Anda mendapatkan nutrisi yang cukup dengan mengonsumsi makanan segar dan utuh. Konsumsi karbohidrat bersamaan dengan protein demi meningkatkan energi dan jangan lupa makanan banyak serat.

Tak hanya mengatasi kelelahan, diet sehat juga dapat menjaga dan meningkatkan sistem pencernaan. Alhasil, Anda pun terhindari dari sindrom iritasi usus besar (IBS) yang sering dibarengi dengan kelelahan kronis.

2. Olahraga teratur

Manfaat olahraga teratur telah diakui secara luas. Olahraga melepaskan endorfin yang secara alami meningkatkan tingkat energi Anda serta meningkatkan kualitas tidur.

Sebuah penelitian pada tahun 2008 menyatakan, olahraga teratur dapat mengurangi gejala kelelahan.

Pada penelitian tersebut, 36 orang dewasa yang jarang bergerak, diminta untuk melakukan workout intensitas rendah hingga sedang. Hasilnya adalah, workout membuat mereka merasakan peningkatan energi.

Baca juga: 12 Penyebab Sering Lelah yang Perlu Diwaspadai

3. Minum banyak air putih

Mengaja asupan air atau tetap terhidrasi adalah hal yang baik agar tubuh dapat berfungsi secara optimal sehingga kita tidak mudah lelah.

Perlu diketahui, dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan tingkat energi yang rendah.

Dehidrasi juga memberi dampak negatif pada kualitas tidur, yaitu membuat mulut dan saluran hidung terasa kering. Kondisi tersebut menyebabkan dengkuran, suara serak, dan kram kaki.

4. Kurangi kafein

Kafein yang terkandung pada kopi atau teh seringkali menjadi andalan saat kita ingin mencegah kantuk.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com