Kompas.com - 06/10/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Gastritis atau dikenal awam dengan penyakit maag adalah salah satu gangguan pencernaan yang kerap menyerang.

Masalah kesehatan lambung ini terjadi ketika lapisan bagian dalam lambung mengalami peradangan.

Perubahan gaya hidup dan beberapa bahan alami terkadang bisa digunakan sebagai obat maag alami. Simak penjelasan berikut.

Baca juga: 4 Ciri-ciri Maag Kambuh yang Perlu Diwaspadai

Obat maag alami

Ada beberapa pengobatan rumahan dan perubahan gaya hidup yang potensial untuk obat maag alami, antara lain:

  • Bawang putih

Dilansir dari MedicalNewsToday, beberapa penelitian menunjukkan, bawang putih potensial untuk mengurangi gejala maag. Anda bisa menjajal makan bawang putih untuk obat maag alami.

Jika rasanya terlalu kuat, coba bungkus bawang putih yang sudah digeprek ke dalam kurma tanpa biji. Lalu makan perlahan untuk menutupi rasa “tajam” bawang putih.

  • Probiotik

Probiotik juga disebut-sebut baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bahan alami ini bisa meningkatkan kadar bakteri baik di saluran pencernaan, dengan begitu pertumbuhan bakteri penyebab maag bisa ditekan.

Anda bisa menjajal beberapa makanan sumber probiotik alami seperti yogurt, kimchi, tempe, miso, atau kefir.

Baca juga: 12 Ciri-ciri Maag yang Sudah Parah dan Pantang Disepelekan

  • Teh hijau dan madu manuka

Salah satu penelitian terbatas menunjukkan, minum seduhan teh hijau yang diberi campuran madu setidaknya seminggu sekali bisa signifikan mencegah gejala maag kambuh.

Madu manuka memiliki khasiat anti-bakteri dan bisa membantu melawan infeksi. Sedangkan teh hijau memiliki kandungan antioksidan yang bisa membantu melawan peradangan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.