Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengobati Asam Lambung Naik dengan Obat dan secara Alami

Kompas.com - 16/11/2022, 19:32 WIB
Mahardini Nur Afifah

Penulis

KOMPAS.com - Cara mengobati asam lambung naik perlu melibatkan perubahan pola makan, tidur, dan mengonsumsi obat agar penyakit tidak gampang kambuh.

Untuk diketahui, penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan cairan asam untuk mencerna makanan dari lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala asam lambung naik seperti nyeri ulu hati, mulut terasa asam, nyeri saat menelan, sakit tenggorokan terus-menerus, suara serak, mulut bau tak sedap, batuk, atau dada terasa panas.

Baca juga: 6 Gejala Asam Lambung Naik, Tak Hanya Mual dan Sakit Perut

Dilansir dari American College of Gastroenterology, penyakit ini ketika kumat lebih dari seminggu dua kali selama beberapa bulan disebut dengan gastro-esophageal reflux disease atau penyakit asam lambung kronis.

Simak beberapa cara menyembuhkan asam lambung naik dengan obat dan secara alami berikut ini.

Baca juga: Minum Lemon untuk Asam Lambung, Boleh atau Tidak?

Cara mengobati asam lambung naik

Ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik dengan obat dan secara alami yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Minum obat asam lambung

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada tiga obat asam lambung yang biasanya direkomendasikan dokter. Obat ini bisa berupa antasida (penetral asam lambung), H-2 receptor blocker (penurun produksi asam lambung), dan proton pump inhibitor (penghambat produksi asam lambung).

  • Ganti pola makan yang ramah lambung

Penderita penyakit asam lambung kronis perlu mengubah pola makannya jadi lebih ramah lambung. Hindari makan berlebihan. Upayakan makan dengan porsi kecil dan lebih sering agar perut tidak kosong terlalu lama. Hindari juga makan terlalu dekat dengan jam tidur. Beri jeda minimal 2 jam.

Baca juga: 4 Jenis Obat Asam Lambung

  • Hindari makanan berlemak, pedas, dan asam

Untuk mencegah asam lambung naik, sebisa mungkin hindari makanan berlemak seperti makanan yang mengandung mentega, daging berlemak, jeroan, susu full cream, keju, gorengan, aneka saus, makanan pedas, atau makanan asam seperti lemon dan tomat.

  • Atur pola tidur

Kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Atur pola tidur menjadi lebih teratur setiap hari. Saat tidur, gunakan pakaian yang longgar, terutama di bagian perut. Gunakan bantal yang tinggi untuk menyangga kepala dan punggung atas agar asam lambung tidak naik.

  • Setop merokok

Cara mengobati asam lambung alami yang wajib dilakukan lainnya yakni setip merokok. Pasalnya, kebiasaan merokok bisa merangsang perut memproduksi cairan asam lambung lebih banyak dibandingkan biasanya.

Baca juga: 7 Obat Penyebab Asam Lambung Naik

  • Jaga berat badan ideal

Mempertahankan berat badan juga penting sebagai cara menyembuhkan asam lambung secara alami. Obesitas bisa meningkatkan asam lambung. Jika berat badan saat ini di atas ideal, jalankan program penurunan berat badan sehat dengan kombinasi olahraga dan pengaturan pola makan.

  • Operasi

Apabila berbagai cara mengatasi asam lambung naik di atas sudah dijajal tapi perubahan gaya hidup dan terapi obat asam lambung yang diresepkan dokter tidak mempan mengatasi penyakit ini, dokter terkadang menyarankan penderita menjalani operasi.

Namun, biasanya cara mengobati asam lambung naik cukup dengan beberapa cara alami dan terapi obat asam lambung.

Baca juga: 4 Perbedaan Maag dan Asam Lambung Kronis


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com