Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/11/2022, 19:32 WIB

KOMPAS.com - Cara mengobati asam lambung naik perlu melibatkan perubahan pola makan, tidur, dan mengonsumsi obat agar penyakit tidak gampang kambuh.

Untuk diketahui, penyakit asam lambung adalah gangguan pencernaan yang menyebabkan cairan asam untuk mencerna makanan dari lambung naik ke kerongkongan.

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai gejala asam lambung naik seperti nyeri ulu hati, mulut terasa asam, nyeri saat menelan, sakit tenggorokan terus-menerus, suara serak, mulut bau tak sedap, batuk, atau dada terasa panas.

Baca juga: 6 Gejala Asam Lambung Naik, Tak Hanya Mual dan Sakit Perut

Dilansir dari American College of Gastroenterology, penyakit ini ketika kumat lebih dari seminggu dua kali selama beberapa bulan disebut dengan gastro-esophageal reflux disease atau penyakit asam lambung kronis.

Simak beberapa cara menyembuhkan asam lambung naik dengan obat dan secara alami berikut ini.

Baca juga: Minum Lemon untuk Asam Lambung, Boleh atau Tidak?

Cara mengobati asam lambung naik

Ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik dengan obat dan secara alami yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Minum obat asam lambung

Dilansir dari Cleveland Clinic, ada tiga obat asam lambung yang biasanya direkomendasikan dokter. Obat ini bisa berupa antasida (penetral asam lambung), H-2 receptor blocker (penurun produksi asam lambung), dan proton pump inhibitor (penghambat produksi asam lambung).

  • Ganti pola makan yang ramah lambung

Penderita penyakit asam lambung kronis perlu mengubah pola makannya jadi lebih ramah lambung. Hindari makan berlebihan. Upayakan makan dengan porsi kecil dan lebih sering agar perut tidak kosong terlalu lama. Hindari juga makan terlalu dekat dengan jam tidur. Beri jeda minimal 2 jam.

Baca juga: 4 Jenis Obat Asam Lambung

  • Hindari makanan berlemak, pedas, dan asam

Untuk mencegah asam lambung naik, sebisa mungkin hindari makanan berlemak seperti makanan yang mengandung mentega, daging berlemak, jeroan, susu full cream, keju, gorengan, aneka saus, makanan pedas, atau makanan asam seperti lemon dan tomat.

  • Atur pola tidur

Kebiasaan begadang juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Atur pola tidur menjadi lebih teratur setiap hari. Saat tidur, gunakan pakaian yang longgar, terutama di bagian perut. Gunakan bantal yang tinggi untuk menyangga kepala dan punggung atas agar asam lambung tidak naik.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+