Kompas.com - 21/11/2022, 19:31 WIB

KOMPAS.com - Beberapa penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi mungkin bertanya-tanya kapan waktu terbaik untuk meminum obat anti-hipertensi.

Diketahui, hipertensi adalah kondisi saat seseorang mengalami tekanan darah tinggi yang ditunjukkan dengan angka tensimeter lebih dari 140/90 mmHg.

Hingga kini, hipertensi menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia.

Baca juga: Gejala Hipertensi yang Mirip dengan Tanda Menopause, Wanita Perlu Tahu

 

Hipertensi juga kerap disebut sebagai silent killer karena sebagian pasien yang meninggal dunia tidak menunjukkan gejala yang spesifik.

Hipertensi kebanyakan baru diketahui saat seseorang mengalami komplikasi berupa gagal jantung, serangan jantung, gagal ginjal, stroke dan bahkan kebutaan.

Obat hipertensi

Orang yang didiagnosis mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi biasanya dianjurkan untuk melakoni gaya hidup sehat, termasuk menjaga pola makan dan olahraga.

Pasien hipertensi juga perlu mengonsumsi obat anti-hipertensi untuk mencegah lonjakan tekanan darah dan komplikasi lainnya.

Obat hipertensi yang jamak digunakan di Indonesia yaitu dari golongan Ace Inhibitor (terdiri dari captropil dan ramipril), propranolol, amlodipin, dan candesartan.

 

Kapan waktu terbaik untuk minum obat hipertensi?

Selain mengetahui apa saja obat untuk mengatasi hipertensi, pasien perlu tahu kapan sebaiknya mengonsumsi obat-obatan tersebut. Apakah dipagi hari saja? Atau akan lebih baik jika diminum malam hari sebelum beristirahat?

Melansir Yankes Kemkes, dr. Lili Widianto dari RS Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Jakarta, menjelaskan bahwa tidak ada batasan waktu dalam meminum obat hipertensi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.